Kota Bekasi sebagai kota urban yang dihuni oleh mayoritas masyarakat pendatang berisiko sangat tinggi untuk penyebaran COVID-19.
Jakarta (ANTARA) - Koordinator Satgas Lawan COVID-19 DPRD Provinsi Jawa Barat Waras Wasisto mengapresiasi kinerja Kapolres Kota Bekasi Kombes Pol. Aloysius Suprijadi dalam upaya menyukseskan program vaksinasi dan penanggulangan COVID-19.

"Polri Presisi yang diinisiasi oleh Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo tergambar jelas di Polres Bekasi Kota dalam kesigapan menangani dan mengantisipasi pandemi COVID-19 varian delta bersama dengan para pemangku kepentingan kota ini lainnya," kata Waras Wasisto dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.

Politikusi PDI Perjuangan ini dalam kunjungannya sekaligus mengikuti vaksinasi bersama keluarganya di Mapolres Bekasi Kota, Selasa, menyebutkan COVID-19 varian delta ibarat tsunami susulan yang menghentak seluruh dunia setelah bermutasi terlebih dahulu di India, kemudian menyebar ke seluruh dunia.

Jutaan jiwa terpapar dalam tempo sekejap dan terhitung korban jiwa berjatuhan, terutama para manula maupun mereka yang memiliki penyakit penyerta (bawaan) atau lebih populer dengan sebutan komorbid.

Baca juga: RS Al Islam Bandung minta Satgas pastikan konsistensi suplai oksigen

Indonesia sendiri, kata Waras, ribuan orang terpapar setiap harinya dan Kemenkes mengeluarkan alarm bahaya bahwa varian baru COVID-19 delta ini daya penyebaran 6 kali lebih cepat dari varian sebelumnya.

Ia pun mengapresiasi kinerja Kapolres Bekasi Kota dan jajarannya yang sigap dan taktis memutus mata rantai penyebaran varian baru COVID-19 dengan mengadakan berbagai macam kegiatan mulai dari penyemprotan disinfektan, pembagian masker, pemakaman warga masyarakat, penegakan disiplin prokes, hingga membuka gerai vaksinasi bagi warga dalam sinergitasnya sebagai bentuk dari pelayanan kepada warga masyarakat.

Dikatakan pula bahwa Kota Bekasi sebagai kota urban yang dihuni oleh mayoritas masyarakat pendatang sangat rentan dan berisiko sangat tinggi untuk penyebaran COVID-19.

Oleh karena itu, dibutuhkan kerja sama solid para jajaran forkopimda yang saling bersinergi untuk dapat memutus mata rantai penyebaran COVID-19 varian delta.

"Kapolres dan jajarannya sudah memaksimalkan pelayanannya dan ini menjadi poin penting agar kolaborasi pemangku kepentingan mempercepat recovery dari pandemi. Bekasi pada khususnya juga Indonesia pada umumnya bisa segera pulih dan kehidupan masyarakat kembali normal, insyaallah," tutur Waras Wasisto.

Baca juga: Penanganan pandemi Satgas RW 14 JGC Cakung jadi inspirasi warga lain

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021