Jakarta (ANTARA) - Jajaran Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kumham) mendukung program Badan Narkotika Nasional (BNN) mewujudkan Indonesia Bersinar (Bersih Narkoba), salah satunya dengan penerapan teknologi dan informasi.

"Diharapkan dengan program ini, BNN dapat lebih fokus pada aspek penegakan hukum yang terukur serta dengan penerapan teknologi informasi dalam upaya penanggulangan narkotika di Indonesia," kata Kakanwil Kumham DKI  Jakarta, Ibnu Chuldun di Kantor BNNP DKI Jakarta, Senin.

Ibnu Chuldun menghadiri kegiatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2021 di Kantor BNNP DKI Jakarta, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, yang dilaksanakan secara virtual.

Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) 
Komjen Polisi Petrus Reinhard Golose menyampaikan sebagai bentuk sinergitas dengan rencana aksi kementerian, lembaga dan pemerintah daerah, telah diterbitkan Instruksi Presiden Nomor 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika dan Ferkusor Narkotika (P4GN) Tahun 2020--2024.

Langkah strategis yang dilakukan BNN dalam memerangi narkotika, yakni melalui "soft power frost", yakni aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki informasi dan daya tangkap terkait narkotika.

Selain itu, BNN juga terus melakukan upaya rehabilitasi bagi para pecandu dan penyalahguna narkotika

Peringatan Hari Anti Narkoba Internasional 2021 ini juga dihadiri Wakil Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta Supardi, Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya Kombes Polisi Mukti Juharsa, Kapoksahli Pangdam Jaya Kolonel Inf. Yofensius Rosarindarta dan Kepala Kesbangpol DKI Jakarta Taufan Bakri.

Dalam peringatan HANI, BNNP DKI Jakarta mencatat sudah mengungkap 13 berkas perkara sepanjang 2021, umumnya kasus sabu dan ganja. Sepanjang tahun ini, BNNP DKI Jakarta telah mengungkap 12.978,22 gram sabu, 23.604,41 gram ganja dan 143 gram ekstrak ganja cair.
Baca juga: Sambut Lebaran, Kanwil Kumham DKI gelar apel penguatan satuan
Baca juga: Kumham DKI buka layanan terpadu Sabtu-Minggu di Lippo Mal Kemang

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2021