Saat gempa magnitudo 6,1 terjadi, air laut yang sedang surut tiba-tiba pasang dengan ketinggian mencapai kurang lebih dua meter dari dinding talud pembatas pesisir
Ambon (ANTARA) - Warga desa pesisir Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng), Provinsi Maluku, panik dan mengungsi ke dataran tinggi karena guncangan gempa bumi magnitudo 6,1 di wilayah perairan sekitar 97 kilometer timur laut Kota Ambon, Rabu.

"Warga panik, goncangan gempa kuat sekali. Yang tinggal di bawah dan dekat pantai sudah mengungsi ke dataran tinggi," kata seorang pegawai Kantor Camat Tehoru, Saifuddin Silawane saat dihubungi ANTARA dari Ambon, Rabu petang.

Menurut Saifuddin, semula warga tidak begitu panik saat gempa pertama terjadi sekitar pukul 12.22 WIT. Mereka hanya ke luar dari dalam bangunan rumah. Warga mulai berlarian mengungsi ke dataran yang lebih tinggi saat gempa susulan magnitudo 6,1.

Hingga saat ini kepanikan masih terjadi di Desa Tehoru, Mahu dan Pasalolu, di mana banyak warga yang sudah ke dataran tinggi memilih kembali ke rumah untuk mengambil barang-barang berharga untuk ikut diungsikan.

"Tadinya karena goncangannya kecil, warga tidak begitu panik, hanya ke luar dari dalam rumah, tapi saat gempa susulan berikutnya, mereka berlarian ke dataran tinggi," katanya.

Dikatakannya saat gempa magnitudo 6,1 terjadi, air laut yang sedang surut tiba-tiba pasang dengan ketinggian mencapai kurang lebih dua meter dari dinding talud pembatas pesisir dan tampak bergelombang selama lebih dari satu jam.

Fenomena tersebut menambah kepanikan warga yang berada di kawasan pesisir pantai setempat.

"Air laut sempat naik dan masih bergelombang sampai pukul 15.00 WIT, ombaknya cukup kuat dari arah tengah laut ke pesisir pantai," kata Saifuddin Silawane.

Laporan Stasiun Geofisika Klas I Ambon (Stageof Ambon) menyebutkan  gempa terjadi dua kali di Maluku Tengah. Gempa pertama magnitudo 3,5 di 6 km barat daya Tehoru sekitar pukul 12.22 WIT, dan gempa magnitudo 6,1 di 40 km timur Kota Masohi, kedalaman 10 kilometer pada pukul 13.43.08 WIT.

BMKG juga mengimbau warga untuk mewaspadai gempa susulan dan potensi tsunami akibat longsor di bawah laut pantai Japutih, kabupaten Maluku Tengah.

Baca juga: BMKG : Waspadai potensi tsunami dampak gempa magnitudo 6,1

Baca juga: BPBD Maluku Tengah : Tiga desa terdampak gempa magnitudo 6,1

Baca juga: Gempa Pulau Seram sebabkan tanah amblas di Kecamatan Tehoru


 

Pewarta: Shariva Alaidrus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2021