Polres Kediri lakukan giat preemtif dengan melakukan pendekatan para tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat.
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memerintahkan jajaran Polres Kediri, Jawa Timur, untuk melakukan upaya preemtif guna mencegah kenaikan angka kasus COVID-19 usai liburan Lebaran 2021.

"Polres Kediri melakukan giat preemtif dengan melakukan pendekatan para tokoh agama, tokoh pemuda, dan tokoh masyarakat. Perlu edukasi penggunaan masker secara masif, tingkatkan kegiatan Operasi Yustisi, dan Tim Pemburu COVID-19," kata Sigit dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Kamis.

Kapolri bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kepala BNPB Ganip Warsito meninjau penanganan COVID-19 di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Kabupaten Kediri mengalami peningkatan angka kasus postif COVID-19 usai liburan Idulfitri 1442 Hijriah.

Dalam kunjungan tersebut, Kapolri dan rombongan dengan paparan Bupati Kediri Haninditho Pramono mengenai penanganan COVID-19 di wilayahnya.

Baca juga: Kapolri ingatkan warga Bandung disiplin prokes usai divaksin

Setelah mendengar paparan Bupati Kediri, Kapolri menyebut ada potensi kenaikan angka kasus COVID-19 di Kediri usai arus mudik dan balik Lebaran.

Untuk itu, dia memerintahkan jajaran Polres Kediri melakukan upaya preemtif.

Selain itu, mantan Kabareskrim Polri ini meminta jajarannya memastikan kelancaran distribusi vaksin dan kegiatan vaksinasi massal di Kediri.

"Giatkan tracing, tracking, dan testing. Hal tersebut harus dipastikan ketersediaan alat swab antigen dan tingkatkan kecepatan hasil laboratorium," kata Sigit.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengingatkan agar koordinasi antarinstansi terkait dalam penanganan COVID-19 harus  dengan baik.

Hadi memandang perlu pengetatan protokol kesehatan karena ancaman COVID-19 tidak terlihat.

"Lakukan tracing dan testing serta optimalkan PPKM skala mikro," kata Hadi.

Baca juga: Polri turun tangan beri edukasi antrean McD agar tidak langgar prokes

Hadi juga meminta jajaran TNI, Polri, dan pemda memastikan ketersediaan tempat tidur di rumah sakit, alat kesehatan, serta melaksanakan program vaksinasi nasional berjalan baik di Kabupaten Kediri.

Panglima TNI, Kapolri, Kepala BNPN, dan rombongan selanjutnya meninjau kegiatan vaksinasi di Convention Hall Simpang Lima Gumul (SLG). Setelah itu, rombongan menuju helipad lapangan Simpang Lima Gumul Kediri untuk melanjutkan perjalanan menuju Stadion Surajaya Lamongan.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2021