Untuk Citilink dan Lion Air ditutup sampai dengan tanggal 17 Mei
Kupang (ANTARA) - Sejumlah maskapai penerbangan yang beroperasi di Nusa Tenggara Timur (NTT), khususnya dengan rute Bandara El Tari Kupang mulai menghentikan sementara jadwal penerbangannya.

Kepala Humas PT Angkasa Pura 1 Bandara El Tari Kupang kepada wartawan di Kupang, Jumat, mengatakan sejumlah maskapai yang menghentikan sementara penerbangannya itu antara lain Citilink dan Lion Air.

"Kemarin Citilink sudah tidak beroperasi lagi. Nah hari ini maskapai penerbangan Lion Air juga tidak beroperasi lagi," katanya.

Sementara itu untuk maskapai Garuda sendiri, ujar dia, juga menutup sementara rute penerbangannya, namun tidak sampai dengan tanggal 17 Mei 2021. Sebab masih ada beberapa rute yang masih dilayani.

"Untuk Citilink dan Lion Air ditutup sampai dengan tanggal 17 Mei," katanya.

Baca juga: Pemudik di Bandara El Tari terus meningkat, puncaknya Rabu ini

Pantauan ANTARA di Bandara El Tari sejak pukul 09.30-11.30 WITA, Jumat, aktivitas pemudik masih terjadi karena Garuda Indonesia yang masih beroperasi untuk mengangkut penumpang nonmudik.

Jika dibandingkan dengan larangan mudik hari pertama, jumlah pemudik yang bepergian keluar dari NTT masih sangat banyak. Hal ini terpantau dari banyaknya pemudik yang mengantre di sejumlah counter check in dan ruang tunggu bandara internasional tersebut.

Namun jika dibandingkan dengan Jumat (7/5) hanya 1-2 counter check in, khususnya milik Garuda Indonesia saja yang beroperasi.

Berdasarkan laporan dari data rekap posko Bandara El Tari, jumlah pemudik yang masih bepergian keluar daerah pada hari pertama larangan mudik mencapai 623 orang.

Mereka yang berangkat tersebut kebanyakan adalah anggota kepolisian dari Jawa Timur dan mereka yang memang selama bencana di NTT membantu pemulihan korban bencana.

Baca juga: Bandara El Tari Kupang sediakan tes cepat GeNose C19

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021