telah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Bandarlampung guna mengecek kesiapan prokes di masjid ini
Bandarlampung (ANTARA) - Shalat tarawih hari pertama bulan suci Ramadhan di Masjid Agung Al Furqon Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, berlangsung dengan mematuhi semua protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Bendahara Masjid Agung Al Furqon, H Makruf ZA, di Bandarlampung Senin, mengatakan setiap jamaah baik pria maupun wanita serta anak-anak diwajibkan menggunakan masker.

"Bila ingin menjalankan ibadah tarawih harus pakai masker dan bila tidak, petugas tidak membolehkan ikut shalat berjamaah serta disarankan shalat di rumah atau mengambil masker kemudian balik lagi," kata dia.

Baca juga: Tarawih perdana, ribuan warga Aceh padati Masjid Raya Baiturrahman

Makruf mengatakan dalam menjalankan ibadah tarawih di massa pandemi COVID-19, pihak masjid telah mempersiapkan segala sesuatunya, seperti memeriksa suhu tubuh jamaah yang ingin masuk menggunakan thermo gun.

"Kita juga rutin menyemprotkan disinfektan tempat ibadah guna mencegah penularan COVID-19 saat jamaah menjalankan tarawih di sini," kata dia.

Baca juga: Polisi pantau prokes di Masjid Jakarta Islamic Center

Ia mengatakan saat sholat tarawih jamaah diminta untuk tetap menjaga jarak atau tidak merapatkan saf sebagaimana yang sewajarnya dalam ibadah sholat.

"Untuk kapasitas mungkin hanya tujuh saf saja kalau penuh seperti sholat Jumat itu bisa diisi 3.000 orang. Kami juga tetap mempersilakan jamaah dari luar untuk bisa melaksanakan ibadah di sini namun tetap dengan prokes," kata dia.

Shalat tarawih pada tahun ini pun, lanjut dia, Masjid Al Furqon tetap menjalankan 23 rakaat namun yang biasanya satu malam satu Juz diganti dengan ayat-ayat pendek guna mempersingkat waktu.

Baca juga: Anies Shalat Tarawih pertama di rumah

"Kita juga telah berkoordinasi dengan Satgas COVID-19 Kota Bandarlampung guna mengecek kesiapan prokes di masjid ini," kata dia.

Pantauan di lokasi, sebelum melakukan sholat berjamaah Tim Satgas COVID-19 Kota Bandarlampung mendatangi pengurus untuk mengecek kesiapan prokes di Masjid Al Agung Al Furqon.

Rata-Rata jamaah yang datang untuk shalat di Masjid Agung ini masih didominasi oleh warga sekitar dan mereka pun memakai masker semuanya.

Terdapat pula petugas di pintu masuk yang berjaga untuk mengecek suhu tubuh setiap orang yang ingin menjalankan shalat tarawih.

Meski pandemi COVID-19 masih belum berakhir antusias warga dalam menjalankan ibadah tarawih pertama di bulan Ramadhan cukup meski tidak seramai sebelum virus corona datang ke Indonesia.

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2021