LIPI hapuskan tiket gratis HUT Kebun Raya Cibodas

id cianjur, kebun raya cibodas, LIPI, obyek wisata cianjur

LIPI hapuskan tiket gratis HUT Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas di Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat. ANTARA/Ahmad Fikri.

Cianjur (ANTARA) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas, Cianur, Jawa Barat, menghapus tiket gratis pengunjung saat HUT KRC ke-169 pada 11 April 2021 karena berbagai pertimbangan termasuk situasi pandemi.

Kepala Balai Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Cibodas LIPI, Dian Latifah dalam keterangan tertulisnya diterima di Cianjur, Sabtu, mengatakan penghapusan tersebut tertuang dalam surat disposisi dari Kepala LIPI yang ditujukan pada Kepala Balai Konservasi Tumbuhan KRC LIPI dengan Nomor: 2561/1/2021.

"Dalam surat yang dikeluarkan 6 April, pihak LIPI memberitahukan bahwa saat memperingati ulang tahun KRC yang ke-169 tanggal 11 April, melarang menggratiskan tiket masuk pada pengunjung," katanya.

Baca juga: Akibat PSBB Jakarta, kunjungan wisatawan ke Cianjur anjlok 80 persen

Bahkan pada HUT KRC tahun ini, tidak ada acara yang sifatnya mengundang kerumunan pengunjung. Peringatan ulang tahun tersebut dilakukan secara terbatas, hanya diikuti internal pegawai secara sederhana.

Dian mengungkapkan keputusan tersebut diambil berdasarkan hasil pertimbangan situasi dan kondisi Indonesia yang masih dilanda COVID-19.

"Kebun Raya Cibodas-LIPI berupaya tetap konsisten dalam upaya menjaga protokol kesehatan demi memutus mata rantai penyebaran," katanya.

Baca juga: Pengunjung Kebun Raya Cibodas meningkat sejak kembali dibuka

Sementata itu, Humas Kebun Raya Cibodas, Dwi Novia Puspitasari mengatakan larangan tiket gratis tersebut merupakan instruksi langsung dari pusat yang ditujukan ke pihak KRC karena sebelum pandemi, setiap ulang tahun, KRC membebaskan pengunjung masuk tanpa membayar tiket alias gratis.

"Tahun ini, tidak diperbolehkan tiket gratis saat HUT KRC karena akan mengundang kerumunan pengunjung, kita tetap menerapkan protokol kesehatan sebagai upaya memutus rantai penyebaran. Tahun sebelumnya pas ulang tahun KRC pengunjung yang datang tidak dipungut biaya," katanya.

Baca juga: Bunga bangkai mekar kembali di Kebun Raya Cibodas LIPI

Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar