Depok (ANTARA) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia (UI) Viandra Salsabilla Arif Tjokroadiredjo berhasil meraih penghargaan juara pertama atau Best Delegate dalam ajang komite World Health Organization Groningen Model United Nations.

"Melalui kompetisi ini saya memperoleh pengalaman yang berharga dalam memahami topik permasalahan yang belum pernah saya pelajari di bangku kuliah, melatih diplomasi, dan menjalin persatuan di tengah ideologi negara yang beragam," kata Viandra mahasiswa FKG UI angkatan 2018 dalam keterangannya, Kamis.

Groningen Model United Nations (GrunnMUN) merupakan simulasi konferensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang diadakan tahunan di Groningen, Belanda. Kriteria kemenangan umumnya berdasarkan pada kemampuan dasar MUN, meliputi research, speaking, negotiation, dan drafting, serta kemampuan dalam problem-solving dan leadership.

Baca juga: FKM UI tuan rumah acara tahunan bahas isu kesehatan global

Viandra mempresentasikan topik “Health in Areas of Conflict” yang membahas tentang penyelesaian masalah akses kesehatan di area konflik dari sudut pandang Amerika Serikat.

Strategi yang dilakukan untuk penyelesaian masalah ini adalah dengan penyusunan kerangka kerja yang efektif untuk distribusi suplai dan tenaga kerja kesehatan, kerja sama yang proaktif dengan Non-Governmental Organization (NGO) dan pemerintah, serta penyempurnaan mekanisme Surveillance System for Attacks on Healthcare (SSA) dan mekanisme pendanaan World Health Organization (WHO).

Dewan juri pada simulasi konferensi ini adalah Board of Directors yang terdiri dari tiga orang berasal dari Belanda dan Indonesia. Peserta yang mengikuti perlombaan berjumlah 70 orang, dengan sekitar 20 orang untuk council WHO dari benua Asia, Eropa, dan Afrika pada acara Groningen Model United Nations 2021.

Atas penghargaan Best Delegate tersebut, Viandra menerima full tuition waiver (pembebasan biaya 100 persen) untuk program summer school di University of Groningen (RUG) pada bulan Juli 2021.

"Kami mengucapkan selamat kepada Viandra atas prestasi yang telah diraih. Harapan kami, sivitas akademika yang telah membawa nama FKG UI dapat memetik pengalaman berharga dari kompetisi ini. Terima kasih telah mengharumkan nama UI dan Indonesia di kancah internasional," ujar Dekan FKG UI Prof. Dr. M. F. Lindawati S. Kusdhany.

Komite ini diselenggarakan oleh The European International Model United Nations Society yang tahun ini dilaksanakan secara daring pada 11 Maret 2021.

Baca juga: UI raih juara pertama dalam Table Clinic Competition
Baca juga: Guru Besar UI sebut E484K mutasi baru, bukan varian baru
Baca juga: Alumni Fasilkom UI masuk daftar Forbes 30 Under 30

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2021