Indonesia sedang beralih dari mengekspor barang mentah dan setengah jadi menjadi barang industri berteknologi tinggi
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI sebagai BUMN perdagangan siap mendukung Kementerian Perdagangan dalam membangkitkan geliat perekonomian.

"PT PPI akan terus mendukung upaya pemerintah untuk mencapai target sasaran strategis tahun 2021, baik dalam sektor perdagangan dalam maupun luar negeri," ujar Direktur Utama PPI Nina Sulistyowati dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin.

Nina mengatakan Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi memiliki tujuan yang sama mengoptimalkan transformasi Indonesia menuju negara penghasil dan pengekspor barang industri dan industri berteknologi tinggi pada  2021, yang perlu didukung melalui perjanjian perdagangan internasional.

Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir ganti dirut PT PPI

Cara ini dinilai sangat penting karena untuk mengekspor produk lebih banyak dan membuka pasar yang lebih luas.

Tahun 2021, kata dia, merupakan tahun pemulihan kehidupan dan ekonomi. Momentum ini dapat digunakan untuk mendorong inovasi, terutama mengatasi masalah kesehatan dan perekonomian akibat pandemi.

Baca juga: Erick tunjuk Herman Heru Suprobo jadi Komisaris Utama PT PPI

"Indonesia sedang beralih dari mengekspor barang mentah dan setengah jadi menjadi barang industri berteknologi tinggi. Untuk itu perlu diciptakan pelaku UMKM yang tangguh," kata Mendag Lutfi

Mendag menyampaikan akan mendorong iklim usaha yang kondusif dan membantu para pelaku usaha untuk dapat terus bekerja, terutama di tengah kondisi pandemi ini sehingga perekonomian nasional dapat terus bergerak.

Baca juga: Mendag optimistis ekspor Indonesia tahun 2021 tumbuh 4 persen

Baca juga: Presiden Jokowi ingatkan agar tak cepat puas dengan capaian ekspor


 

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2021