Ekspor perdana semen ke Timor Leste melalui Pelabuhan Probolinggo

id ekspor semen melalui Pelabuhan Probolinggo,bea cukai probolinggo,ekspor perdana di probolinggo

Ekspor perdana semen ke Timor Leste melalui Pelabuhan Probolinggo

Kepala Kantor Bea dan Cukai Probolinggo Andi Hermawan (kanan) menyerahkan dokumen ekspor kepada ekportir di Pelabuhan DABN Probolinggo, Selasa (2/2/2021) ANTARA/ HO - Humas Bea Cukai Probolinggo.

Kota Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - PT Trikarya Sukses Bersama Sejahtera melakukan ekspor perdana semen sebanyak 2.300 metrik ton ke Timor Leste melalui Pelabuhan Delta Artha Bahari Nusantara (DABN) Probolinggo, Jawa Timur pada Selasa (2/2).

Bea Cukai Probolinggo terus mendorong kegiatan ekspor di wilayah kerja Bea Cukai Probolinggo sebagai upaya untuk mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan salah satu tugas fungsi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai yaitu trade facilitator dan industrial assistance.

"Kami memberikan apresiasi dan ucapan selamat atas terlaksananya ekspor perdana itu dengan nilai devisa ekspor mencapai 104.558 dolar AS atau senilai Rp1,4 miliar dan hal itu menjadi sejarah baru bagi Probolinggo," kata Kepala Kantor Bea dan Cukai Probolinggo Andi Hermawan dalam rilis yang diterima ANTARA di Probolinggo, Rabu.

Menurutnya pelaksanaan ekspor perdana tersebut diharapkan dapat membuka pasar ekspor lainnya secara global, serta dapat meningkatkan perekonomian di daerah setempat.

"Kami berharap di masa mendatang Pelabuhan DABN Probolinggo bisa dilengkapi dengan fasilitas yang lebih lengkap seperti dermaga lain, sehingga kapasitas ekspor bisa lebih besar," katanya.

Menurutnya, kegiatan itu mendapat sambutan positif dari berbagai pihak yang turut serta mendukung kelancaran proses ekspor perdana melalui Pelabuhan Tanjung Tembaga Probolinggo tersebut.

"Ekspor perdana itu berhasil terealisasi berkat adanya sinergi dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak yang baik, sehingga kami berharap dari kegiatan itu dapat mendorong eksportir dari daerah untuk dapat melakukan ekspor, agar produk dalam negeri dapat bersaing secara global," ujarnya.

Bea Cukai Probolinggo bersama dengan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Probolinggo, Direktur PT. Delta Artha Bahari Nusantara selaku Badan Usaha Pelabuhan, dan Direksi PT. Trikarya Sukses Bersama Sejahtera selaku eksportir melepas ekspor perdana secara simbolis melalui penyerahan Nota Pelayanan Ekspor (NPE) oleh Bea Cukai Probolinggo di Gedung Fasilitas Umum di Pelabuhan DABN Probolinggo.

Baca juga: Australia beli 22.000 ton semen asal Sulawesi Utara
Baca juga: Semen Indonesia anggap penting ekspor ke kawasan regional
Baca juga: Dirkeu: Semen Indonesia terus genjot ekspor, jaga kinerja saat pandemi

Pewarta : Zumrotun Solichah
Editor: Faisal Yunianto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar