saat ini musim hujan maka kita bisa menanam bibit pohon tertentu
Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sekaligus Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Letnan Jenderal TNI Doni Monardo mengajak masyarakat memanfaatkan momentum libur panjang pada akhir Oktober 2020 untuk menjaga kelestarian lingkungan.

"Sebagai contoh, saat ini musim hujan maka kita bisa menanam bibit pohon tertentu," kata Doni saat diskusi virtual yang dipantau di Jakarta, Rabu.

Baca juga: Objek wisata di Banten diminta perketat protokol kesehatan saat libur

Yang kedua, masyarakat di tingkat RT/RW agar bekerja sama membersihkan saluran air, selokan atau gorong-gorong yang dapat mengurangi kemungkinan terjadinya banjir karena curah hujan yang tinggi.

Sebab, saat ini Indonesia sedang menghadapi  fenomena La Nina. Oleh karena itu kesiapsiagaan sekecil apapun harus dilakukan.

Baca juga: Epidemiologi: Wisatawan dari zona merah boleh liburan ke zona kuning

Apalagi, bagi masyarakat yang ingin liburan panjang terutama di alam bebas maka salah satu hal penting yang wajib diketahui ialah terkait informasi cuaca sebab jika tidak akan berisiko.

Sebagai contoh, saat berlibur di alam bebas tiba-tiba terjadi angin kencang yang bisa saja menumbangkan pepohonan atau ranting dan menimpa masyarakat di sekitarnya.

Baca juga: Epidemiolog: Wisatawan harus tahu zona daerah tujuan wisata

Oleh karena itu, Doni mendorong masyarakat selain berlibur juga senantiasa menjaga lingkungan sebagai antisipasi apabila terjadi hal yang tidak diinginkan.

Doni mengatakan apabila hal-hal seperti itu dilakukan maka akan menimbulkan rasa kepuasan tersendiri bagi masyarakat. Sebab, selain liburan juga turut menjaga alam dan lingkungan sekitar secara bersama-sama.

Baca juga: Satgas COVID-19 imbau warga tetap di rumah saat libur akhir Oktober

Menjelang libur panjang pada akhir Oktober 2020, ia juga mengingatkan berbagai potensi bahaya di alam bebas terutama di pantai selatan akibat cuaca yang tidak menentu.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020