Aceh Besar (ANTARA) - Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah meluncurkan kapal roro 1.300 GT yang diberi nama KMP Aceh Hebat I di Galangan PT. Multi Ocean Shipyard (PT.MOS).

Peluncuran tersebut merupakan bagian dari akan segera berlayar usai mengikuti beberapa pengujian seperti uji kemiringan, uji berlayar dan fungsi seluruh komponen.

"Menurut jadwal 30 November 2020 akan berlayar ke Aceh dan akan beroperasi sebagaimana seharusnya," kata Nova Iriansyah di Galangan PT. Multi Ocean Shipyard (PT.MOS), Sabtu.

Ia menjelaskan KMP Aceh Hebat 1 sudah memasuki tahap akhir pembangunannya dan usai peluncuran akan disusul dengan penyelesaian akhir sampai kemudian kapal dikirim ke Aceh.

“Pembangunan kapal yang dilakukan tenaga kerja Indonesia menandakan rakyat Indonesia mampu mengerjakan pengerjaan secanggih apapun. Ini penanda bahwa kapal secanggih Aceh Hebat 1 bisa dibangun oleh tenaga Indonesia dan pemanfaatan juga untuk orang Indonesia khususnya orang Aceh," kata Nova.

Menurut dia, KMP Aceh Hebat menjadi sejarah baru bagi Aceh, di mana selama ini Aceh belum pernah memiliki kapal yang diproduksi sendiri.

Ia menyebutkan selama ini, pelayaran Aceh dilayani oleh kapal milik ASDP dan terakhir adalah KMP BRR yang dihibah oleh Kementerian Perhubungan. Kapal tersebut melayani rute Balohan Sabang - Ulee Lheu Banda Aceh.

"KMP Aceh Hebat ini kapal pertama yang dibangun sendiri dengan uang masyarakat Aceh dengan uKurannya relatif besar dengan desain yang up-to-date," kata Nova.

Ia mengatakan KMP Aceh Hebat 1 akan melayari rute Meulaboh - Labuhan Haji - Simeulue.

Aceh Hebat 1 merupakan salah satu dari tiga kapal roro yang dipesan pemerintah Aceh untuk meningkatkan konektivitas antar pulau.

Aceh Hebatt 1 akan melayari lintasan barat ke Pulau Simeulue, Aceh Hebat 2 melayari Balohan Sabang – Pelabuhan Ulee Lheu dan Aceh Hebat 3 yang akan melayani rute Singkil – Pulau Banyak.

Aceh hebat 1 yang berkapasitas 1.300 GT dikerjakan oleh PT Multi Ocean Shipyard. Sedangkan Aceh Hebat 2 yang memiliki bobot 1.100 GT, dikerjakan oleh PT Adiluhung Saranasegara di Bangkalan Madura dan akan melayani pelayaran dari Balohan Sabang - Ulee Lheue Banda Aceh. Terakhir, Aceh Hebat 3 yang berbobot 600 GT dikerjakan oleh PT Citra Bahari Shipyard di Tegal, akan melayani rute Singkil - Pulau Banyak.

KMP Aceh Hebat merupakan hasil dari program pengadaan kapal ferry roro di bawah Dinas Perhubungan Aceh dengan anggaran Rp178 milliar.

Peresmian KMP Aceh Hebat 1 dihadiri juga oleh Sekda Aceh,Taqwallah, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Aceh Bustami, Inspektur Aceh Zulkifli dan Kepala Dinas Perhubungan Aceh Junaidi.

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2020