Tentu saja PPI ingin selalu berpartisipasi untuk dapat membantu meringankan beban pengeluaran keluarga miskin dan membantu pengentasan kemiskinan
Jakarta (ANTARA) - PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero) atau PPI sebagai BUMN perdagangan konsisten menyediakan produk bahan pangan non-tunai berkualitas melalui Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong).

"Alhamdulillah PPI termasuk dalam kriteria pemasok yang dapat diandalkan untuk menyediakan produk bahan pangan yang secara konsisten berkualitas dengan harga yang kompetitif kepada E-Warong," ujar Direktur Utama PPI Fasika Khaerul Zaman dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Menurut Dirut PPI tersebut, PPI dapat memastikan ketersediaan bahan pangan secara berkelanjutan kepada E-Warong, agar E-Warong dapat memastikan harga, kualitas, dan jumlah pasokan bahan pangan terjamin serta memenuhi prinsip program.

Elektronik Warung Gotong Royong (E-Warong) merupakan bantuan program pemberdayaan masyarakat dari Kementerian Sosial. E-Warong merupakan warung yang sudah bekerja sama dengan bank yang ditunjuk pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial pangan.

Tiap pembeli mengantri untuk digesekkan kartu transaksinya. Yang digunakan adalah Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) sebagai uang elektronik, mirip kartu ATM salah satu bank yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan sosial pada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Kemensos.

PPI sendiri menjadi pemasok sembako kepada empat E-Warong di wilayah Solo dengan cakupan sekitar 3400 KPM.

E-Warong melayani transaksi pembelian bahan pangan pokok bersubsidi, gas LPG 3 kg, pembayaran listrik, pupuk, serta program subsidi lainnya. Harga bahan pangan yang dijual melalui E-Warong cenderung lebih murah dibandingkan dengan harga pasaran.

“Tentu saja PPI ingin selalu berpartisipasi untuk dapat membantu meringankan beban pengeluaran keluarga miskin dan membantu pengentasan kemiskinan. Saya juga melihat transaksi nontunai melalui E-Warong ini sangat baik untuk pelan-pelan mewujudkan masyarakat nontunai,” ujar Fasika.

Baca juga: Bantu pemulihan ekonomi, PPI ekspor Coconut Charcoal ke Sri Lanka
Baca juga: Tingkatkan ekspor, PPI mengakselerasi perdagangan internasional

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020