Jakarta (ANTARA) - Sejumlah informasi penting menghiasi berita ekonomi pada Jumat (21/8) mulai dari Kementerian PUPR targetkan 287.000 unit bantuan pembiayaan perumahan tahun ini hingga Bio Farma akan menerima 50 juta dosis bulk atau konsentrat Ready to Fill (RTF) vaksin COVID-19 mulai November 2020.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca:

1. Bantuan subsidi 287.000 rumah tahun ini

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR) menargetkan 287.000 unit bantuan pembiayaan perumahan Tahun Anggaran 2020.

“Pemerintah berkomitmen untuk memberikan hunian yang layak bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Berita selengkapnya klik di sini

2. Potensi kelautan RI lebih dari 1,3 triliun dolar AS

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo mengungkapkan potensi ekonomi kelautan dan perikanan Indonesia mencapai lebih dari 1,3 triliun dolar AS per tahun yakni berasal dari sebelas sektor terkait bidang kemaritiman nasional.

"Ini potensi yang besar. Nilai strategis adalah peluang yang bisa mendatangkan nilai ekonomi. Potensi ini adalah modal dasar pembangunan Indonesia," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Upaya percepat belanja pemerintah

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membeberkan sejumlah upaya mempercepat realisasi belanja pemerintah dengan menggenjot sejumlah program untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi kuartal III-IV 2020.

"Supaya ekonomi Indonesia tahun ini tumbuh positif," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Pemetaan sektor industri untuk substitusi impor

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita memetakan sektor-sektor industri yang dipacu sebagai substitusi impor seperti mesin, kimia, logam, elektronik, dan kendaraan bermotor.

"Langkah ini dijalankan secara simultan dengan upaya peningkatan utilisasi produksi seluruh sektor industri pengolahan dengan target hingga mencapai 85 persen pada tahun 2022," katanya.

Berita selengkapnya klik di sini

5. 50 juta dosis vaksin COVID-19 diterima mulai November 2020

PT Bio Farma dipastikan menerima bulk atau konsentrat Ready to Fill (RTF) vaksin COVID-19 dari Sinovac sebanyak 50 juta dosis pada November 2020 sampai Maret 2021.

Kepastian itu ditandai dengan penandatanganan Prelimenary Agreement of Purchase and Supply of Bulk Production of COVID-19 Vaccine, yang dilaksanakan pada 20 Agustus 2020 di Hainan, Tiongkok.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2020