Ini sangat membantu pemerintah khususnya tenaga medis yang bekerja melakukan pelayanan kepada masyarakat di wilayah itu
Sentani,Jayapura (ANTARA) - Wilayah terdepan dan tersulit Distrik Airu di Kabupaten Jayapura, Papua, kini sudah tersambung dan terkoneksi dengan jaringan internet VSAT dari Kementerian Komunikasi dan Informatika.

"Bantuan VSAT melalui Badan Aksesibilitas dan Informasi (Bakti) program Universal Service Obligation (USO)," kata Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Jayapura, Gustaf Griapon di Jayapura, Kamis.

Ia mengatakan, pemasangan internet di wilayah Distrik Airu menjadi satu terobosan baru dan merupakan sebuah kemajuan yang besar untuk keterbukaan informasi publik di distrik setempat.

Untuk saat ini jaringan internet VSAT bantuan dari Kementerian Kominfo, menurut Gustav Griapon, telah dipasang di Puskesmas Airu.

Diharapkan dengan adanya kehadiran jaringan internet ini dapat membawa perubahan besar di wilayah itu.

Gustav berharap, kehadiran jaringan internet ini juga sangat dibutuhkan untuk membantu para tenaga medis untuk menyampaikan laporan dan program kerjanya kepada pemerintah daerah dan pusat.

"Ini sangat membantu pemerintah khususnya tenaga medis yang bekerja melakukan pelayanan kepada masyarakat di wilayah itu," ujar Plt Kadis Kominfo Jayapura Gustav Griapon.

Ia menjelaskan untuk program bantuan VSAT dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia di Kabupaten Jayapura tersebar di lima puskesmas pada beberapa distrik di Kabupaten Jayapura.

Kelima puskesmas itu juga sudah tersambung oleh jaringan internet yang sama mendapatkan bantuan sambungan internet dari Kementerian Kominfo itu di antaranya Puskesmas Genyem Distrik Nimboran, Puskesmas Lereh Distrik Kaureh, Puskesmas Demta Distrik Demta, Puskesmas Depapre Distrik Depapre, Puskesmas Airu Distrik Airu.

Baca juga: Anggota DPR ingin layanan internet lebih terjangkau warga
Baca juga: Internet berikan manfaat besar selama pandemi COVID-19

Pewarta: Muhsidin
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2020