Dua KA reguler tersebut untuk sementara hanya dijalankan setiap akhir pekan
Purwokerto (ANTARA) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 segera mengoperasikan kembali KA Sawunggalih relasi Kutoarjo-Purwokerto-Pasarsenen dan KA Wijayakusuma relasi Cilacap-Kroya-Surabaya Gubeng-Ketapang setelah dihentikan sementara untuk mendukung upaya pencegahan penyebaran penyakit COVID-19.

"Hanya saja, dua KA reguler tersebut untuk sementara hanya dijalankan setiap akhir pekan," kata Manajer Humas KAI Daop 5 Purwokerto Supriyanto di Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Senin.

Baca juga: KAI tambah perjalanan KA jarak jauh di Daop 5 Purwokerto

Dalam hal ini, kata dia, KA Sawunggalih dan Wijayakusuma untuk sementara hanya dioperasikan pada tanggal 7-9, 14-16, 21-23, dan 28-30 Agustus 2020.

Selain dua KA tersebut, lanjut dia, sejumlah kereta api reguler jarak jauh yang melewati wilayah KAI Daop 5 Purwokerto juga akan kembali dioperasikan pada Agustus, yakni KA Pasundan relasi Surabaya Gubeng-Kiaracondong, KA Senja Utama Solo relasi Solo Balapan-Pasarsenen, dan KA Mataram relasi Pasarsenen-Solo.

"Sama halnya dengan KA Sawunggalih dan KA Wijayakusuma, pengoperasian KA Pasundan hanya dilakukan setiap akhir pekan, yakni pada tanggal 7-9, 14-16, 21-23, dan 28-30 Agustus 2020. Sementara untuk KA Senja Utama Solo dan KA Mataram hanya dioperasikan pada tanggal 9, 17, 23, dan 30 Agustus 2020," katanya.

Lebih lanjut, Supriyanto mengatakan KAI sebelumnya telah mengoperasikan kembali sejumlah kereta api reguler jarak jauh dan menengah, baik yang beroperasi setiap hari maupun hanya pada hari Kamis hingga Senin.

Menurut dia, kereta api reguler jarak jauh dan menengah yang telah dioperasikan kembali setiap hari di antaranya KA Bengawan relasi Purwosari-Purwokerto-Pasarsenen, KA Serayu Pagi relasi Purwokerto-Kroya-Kiaracondong-Pasarsenen, KA Kahuripan relasi Blitar-Kiaracondong, serta KA Kamandaka relasi Purwokerto-Semarang.

Sementara untuk kereta api yang dioperasikan setiap hari Kamis hingga Senin, yakni KA Bima relasi Gambir-Malang PP, KA Turangga relasi Surabaya Gubeng-Bandung-Gambir, KA Joglosemarkerto relasi Purwokerto-Solo-Semarang-Purwokerto, dan KA Kamandaka Malam relasi Semarang-Purwokerto.

"Selama bulan Agustus ini, KA Bima, KA Turangga, KA Joglosemarkerto, serta KA Kamandaka Malam dijalankan pada tanggal 6-10, 13-17, 19-24, dan 27-31," jelasnya.

Menurut dia, tiket untuk seluruh KA yang telah dioperasikan kembali tersebut dapat dipesan melalui aplikasi KAI Access, laman kai.id, dan seluruh mitra resmi penjualan tiket KAI lainnya.

Kendati demikian, dia mengatakan KAI hingga saat ini masih menerapkan protokol kesehatan yang ketat dalam perjalanan seperti calon penumpang harus menunjukan surat keterangan bebas dari COVID-19, wajib memakai masker, suhu tubuh tidak melebihi 37,3 derajat Celcius, dalam kondisi sehat yakni tidak demam, batuk, flu, dan sesak napas, serta penumpang memakai pakaian lengan panjang.

"Pelanggan kereta api jarak jauh juga diharuskan mengenakan face shield selama dalam perjalanan hingga meninggalkan area stasiun tujuan. Bagi pelanggan dewasa, face shield  akan disediakan KAI, sedangkan penumpang yang usianya di bawah tiga tahun agar membawa face shield pribadi," katanya.

Baca juga: KAI Purwokerto: KA Kamandaka kembali layani masyarakat mulai 19 Juni
Baca juga: KA Serayu Senen-Purwokerto mulai beroperasi lagi hari ini

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020