Saya percaya dan yakin para perwira remaja ini siap mengabdikan diri untuk menjaga kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Akademi Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Edi Sucipto mengingatkan para perwira remaja agar berkomitmen mengabdikan diri untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Saya percaya dan yakin para perwira remaja ini siap mengabdikan diri untuk menjaga kedaulatan NKRI yang kita cintai bersama," ujarnya di sela Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2020 di Lapangan Banda, Kesatrian Bumimoro AAL, Surabaya, Selasa.

Upacara dilakukan secara virtual dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara Jakarta.

Baca juga: Presiden Jokowi minta perwira remaja TNI dan Polri kuasai teknologi
Baca juga: Presiden minta perwira TNI-Polri buat lompatan kemajuan atasi COVID-19
Baca juga: Presiden sebut tantangan kejahatan yang dihadapi polisi sangat berat


Di Surabaya, sebanyak 97 perwira remaja lulusan AAL yang terdiri dari 87 putra dan 10 putri, mengikuti upacara tersebut dan resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI.
Sejumlah perwira remaja TNI Angkatan Laut bertemu dengan kerabat usai mengikuti Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri Tahun 2020 di Lapangan Banda, Kesatrian Bumimoro Akademi Angkatan Laut (AAL), Surabaya, Jawa Timur, Selasa (14/7/2020). Upacara dengan Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo tersebut digelar secara daring dari Istana Negara, Jakarta. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/foc.


Hadir mendampingi perwira remaja AAL saat pelaksanaan upacara tersebut yakni Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Mintoro Yulianto, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Heru Kusmanto.

Kemudian Pangdam V/Brawijaya Mayor Jenderal TNI Widodo Iryansyah, Kapolda Jawa Timur Inspektur Jenderal Polisi Muhammad Fadil Imran, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Endi Supardi, para Pejabat Utama AAL, pelatih dan pengasuh taruna, serta orang tua seluruh perwira remaja angkatan ke-65.

Pada kesempatan tersebut juga ditampilkan selebrasi perwira remaja AAL, sekaligus ucapan terima kasih kepada Presiden dan Wakil Presiden yang telah melantik di tengah masa pandemi COVID-19.

Sementara itu, usai upacara juga dimeriahkan dengan penampilan display Genderang Suling Gita Jala Taruna yang dimainkan oleh Taruna AAL tingkat III angkatan ke-66.

Selain itu, beberapa alutsista TNI AL turut dipamerkan sebagai latar dalam upacara tersebut, seperti 1 unit Helikopter AS565 MBE Panther dari Skuadron 400 Puspenerbal Juanda, 2 unit Ranpur BMP-3F dan dua unit Ranpur PT-76 M dari Resimen Kavaleri Korps Marinir.

Tak itu saja, terdapat juga dua unit RM 70 Grad, dua Unit Vampire dari Resimen Artileri Korps Marinir TNI AL serta mokap KRI Dewaruci.

Baca juga: Lulusan Akmil ikuti Prasetya Perwira secara virtual
Baca juga: Presiden Jokowi lantik perwira TNI-Polri 2020 di Istana Negara

Pewarta: Fiqih Arfani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2020