38 mahasiswa Kaltim di Rusia akan dipulangkan

id mahasiswa,kaltim di Rusia,akan dipulangkan

Suasana Idul Fitri tahun 2018 di KBRI Moskow yang dihadiri warga Indonesia di Rusia termasuk di antaranya mahasiswa asal Kaltim yang menempuh pendidikan perkeretaapiian. (ANTARA/Triono Subagyo)

Samarinda (ANTARA) - Sebanyak 38 mahasiswa asal Kalimantan Timur penerima program beasiswa spesialisasi kereta api di Rusia akan dipulangkan ke Indonesia.

Kepala Biro Infrastruktur dan SDA Kaltim Lisa Hasliana mengatakan 38 mahasiswa tersebut dipulangkan karena telah menyelesaikan pendidikannya.

Pihaknya menjadwalkan kepulangan mahasiswa tersebut pada Juli 2020 melalui Bandar Udara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan.

Baca juga: Mahasiswa, pekerja migran Indonesia dipulangkan dari Rusia

"Total Mahasiswa yang menempuh pendidikan di Rusia sebanyak 99 orang, program beasiswa tetap dilanjutkan. Pembiayaan untuk living cost sudah tuntas sampai kelulusan dari Pemerintah Provinsi Kaltim," tutur Kepala Biro Infrastruktur dan SDA Kaltim Lisa Hasliana, usai rapat rapat membahas kepulangan mahasiswa tersebut,Selasa (30/6).

Lisa menyebutkan angkatan kedua tahun 2015 ada mahasiswa yang masih efektif sebanyak 50 orang, selesai pada 2022.

Angkatan ketiga tahun 2016, mahasiswa yang masih efektif sebanyak 49 orang selesai pada 2023.

"Para Mahasiswa ini harus pulang dengan selamat. Apalagi saat ini sedang masa COVID-19. Harus kita pastikan lagi ada penerbangan dari sana dan tetap memerhatikan protokol kesehatan," tutur Kepala Biro Hubungan Masyarakat Pemprov Kaltim Syafranuddin.

Staf Khusus Gubernur Kaltim Profesor Heflin Frinces mengatakan komunikasi dengan mahasiswa Kaltim di Rusia harus terjalin. Visa mahasiswa juga harus diperhatikan jangan sampai mati.

Rapat juga diikuti Kepala Dinas Pendidikan Kaltim Anwar Sanusi.

Terkait kepulangan mahasiswa tersebut pihak Pemprov Kaltim juga akan segera berkoordinasi dengan pihak PT Kereta Api Borneo.

***3***

Baca juga: 50 mahasiswa dalami perkeretaapian di Rusia
Baca juga: Lima mahasiswa Indonesia di Moskow terinfeksi COVID-19
Baca juga: Kaltim kirim mahasiswa ke Rusia belajar nuklir


Pewarta : Arumanto
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar