Manado (ANTARA) - Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) VIII Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas melakukan inspeksi mendadak di Kapal Angkatan Laut (KAL) Pulau Karakelang II-8-30.

Kadispen Lantamal VIII Mayor Laut Samuel Pontoh, di Manado, Kamis, mengatakan inspeksi mendadak (sidak) tersebut dilakukan pada KAL Pulau Karakelang yang sedang sandar di Dermaga Satuan Kapal Patroli Lantamal VIII Jalan Samuel Languyu, Aertambaga, Bitung, Sulawesi Utara.

Baca juga: Danlantamal VIII lakukan sidak di Posal Sangkub

"Pelaksanaan sidak yang dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan COVID-19 itu dimaksudkan untuk pengecekan kondisi KAL Pulau Karakelang II-8-30 mulai dari mesin, persenjataan, peralatan navigasi hingga pada prajurit yang mengawaki KAL yang pengoperasiannya di bawah Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Melonguane," katanya.

Saat sidak, kata dia, Danlantamal VIII langsung memasuki ruangan mesin untuk melakukan pemeriksaan kondisi DG kanan maupun kiri dilanjutkan dengan pemeriksaan persenjataan, peralatan navigasi dan reling-reling kapal untuk pengaman sampai pada pengecekan personel KAL Pulau Karakelang II-8-30.

Baca juga: "Peduli Kasih COVID-19" Lantamal VIII sentuh nelayan

Danlantamal VIII pada kesempatan tersebut mengatakan bahwa sidak ini untuk memastikan serta mengetahui secara langsung kondisi KAL Pulau Karakelang II-8-30.

"Selanjutnya apabila ada kerusakan akan dicek kembali oleh Fasilitas Pemeliharaan dan Perbaikan (Fasharkan) Bitung untuk dilaksanakan perbaikan sehingga KAL Pulau Karekelang II-8-30 dapat kembali beroperasi untuk melakukan pengamanan laut di wilayah kerja Lantamal VIII," katanya mengutip yang disampaikan Danlantamal.

Baca juga: Lantamal VIII lakukan penyemprotan disiinfektan di KRI Fatahillah-361

Pada sidak tersebut Danlantamal didampingi sejumlah pejabat utama seperti Aslog Danlantamal VIII, Aspotmar Danlantamal VIII, Dansatrol Lantamal VIII, Kafasharkan Bitung, serta Komandan KAL Pulau Karakelang II-8-30.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020