Solo (ANTARA News) - Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) saat ini menduduki rangking 1.617 dunia, rangking 39 di Asia Tenggara dan nomor empat perguruan tinggi negeri (PTN) di Indonesia, setelah UGM Yogyakarta, ITB Bandung dan UI Jakarta, untuk versi Webometric.

Dalam The Times Higher Education Supplement (THES) UNS berhasil masuk ke dalam 200 perguruan tinggi terbaik di Asia dengan rangking 171, kata Rektor UNS Prof.Dr Moch Syamsulhadi, dr,SpKj (K) kepada wartawan di Solo, Senin.

"Penilaian THES itu didasarkan atas empat kriteria, yakni kualitas penelitian, kesiapan kerja, lulusan, dan pandangan internasional. Kita targetkan UNS masuk dalam 100 perguruan tinggi papan atas Asia pada 2019," katanya.

Ia mengatakan, selain itu UNS juga masuk dalam enam besar implementasi sistem penjaminan mutu internal perguruan tinggi (PT) 2009. Artinya persoalan kualitas dalam implementasi Tri Dharma PT, UNS punya kepedulian tinggi.

"Rentetan prestasi itu menunjukkan UNS semakin dikenal di dunia," katanya yang mengungkap tahun lalu UNS masih di peringkat ke-4.681 versi Webomatrics.

Menurut dia, apabila dilihat dari penerimaan mahasiswa baru tahun 2009 lewat Seleksi Nasional Masuk Perguruan TInggi Negeri (SNMPTN) ternyata UNS termasuk PTN yang sangat diminati, jumlah pendaftar di Panitia Lokal Solo naik 11,5 persen yaitu menjadi 17.065 pendaftar dari tahun sebelumnya 15.479.

Untuk secara nasional yang mendaftar di UNS sebanyak 38.722 pendaftar juga naik sejumlah 2.216 pendaftar dari tahun sebelumnya sebesar 36.406. Sementara itu angka keketatan masuk untuk pilihan IPA nomor enam dan IPS nomor empat dari 57 PTN peserta SNMPTN 2009.

Syamsulhadi menjelaskan, pihaknya juga menerapkan 10 budaya kerja baru menuju world class university dengan nilai-nilai antara lain orientasi prestasi, pelayanan mutu, inisiatif, kreativitas, dan integritas. (*)

Pewarta:
Editor: Bambang
Copyright © ANTARA 2009