Sepekan, biaya penanganan COVID-19 hingga soal tagihan listrik

id Bansos,BLT,Pln,Listik,Defisit,Inflasi,Sri mulyani,KUR,Restrukturisasi kredit,Insentif tenaga medis,Haji

Nelayan beraktivitas diantara deretan perahu yang ditambatkan di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Karangantu, Serang, Banten, Minggu (26/4/2020). ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/foc.

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita penting menarik perhatian selama sepekan terakhir seperti biaya penanganan COVID-19 yang mencapai Rp677,2 triliun, inflasi pada Mei 2020 hanya 0,07 persen, dan bansos diperpanjang sampai Desember 2020.

Kemudian, 1,1 juta nelayan akan mendapat BLT Rp600 ribu/bulan, tiga tahapan pola operasional KRL, hingga skema penghitungan tagihan listrik yang melonjak pada Juni 2020.

Berikut rangkuman berita yang banyak menarik perhatian masyarakat mulai 1 sampai 6 Juni 2020:

1. Nelayan akan dapat BLT

Deputi Bidang Koordinasi Sumber Daya Maritim Kemenko Maritim dan Investasi Safri Burhanuddin mengatakan 1,1 juta nelayan yang terdampak pandemi COVID-19 akan mendapatkan bantuan langsung tunai (BLT) Rp600 ribu/bulan.

"Mereka akan menerima jumlah dana seperti BLT yang lain termasuk dari dana desa yang angkanya kurang lebih Rp600 ribu per bulan dan dibayarkan hingga Desember," katanya di Jakarta, Senin.

Berita selengkapnya di sini

2. Inflasi Mei 2020 hanya 0,07 persen

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat laju inflasi pada Mei 2020 sebesar 0,07 persen atau lebih rendah dibandingkan periode yang sama tahun lalu karena turunnya permintaan masyarakat pada perayaan Idul Fitri.

"Inflasi Mei kecil sekali dan sangat jauh dibandingkan inflasi pada Idul Fitri tahun lalu yaitu pada Juni sebesar 0,55 persen," kata Kepala BPS Suhariyanto di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

3. Tiga tahapan pola operasional KRL

Direktur Utama PT Kereta Commuter Indonesia Wiwik Widayanti menyiapkan tiga tahapan pola operasional Kereta Rel Listrik (KRL) dalam rangka menyambut penerapan new normal atau tatanan normal baru.

“Kami sudah mengusulkan tahapan operasi new normal namun masa berlakunya belum ditetapkan karena masih menunggu evaluasi PSBB dan ada pembahasan dengan pemerintah pusat maupun daerah,” katanya di Jakarta, Selasa.

Berita selengkapnya klik di sini

4. Bansos untuk COVID-19 diperpanjang

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan pemberian bantuan sosial untuk mengatasi dampak COVID-19 akan diperpanjang hingga Desember 2020 serta Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa dilanjutkan hingga September 2020.

“Diputuskan dalam sidang kabinet yakni untuk bansos yang selama ini diberikan dalam bentuk sembako, pertama, bansos ini diperpanjang sampai Desember 2020,” katanya di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

5. Biaya penanganan COVID-19 capai Rp677,2 triliun

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan total biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk mengatasi pandemi COVID-19 di Indonesia mencapai Rp677,2 triliun.

"Biaya penanganan COVID-19 yang akan tertuang dalam revisi Perpres adalah diidentifikasikan sebesar Rp677,2 triliun," katanya di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

6. Skema hitungan lonjakan tagihan listrik

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN (Persero) Bob Saril menginfokan skema penghitungan tagihan listrik yang melonjak pada Juni 2020 untuk pelanggan rumah tangga sehingga banyak dikeluhkan oleh masyarakat.

“PLN harus melakukan pemeriksaan data setiap pelanggan satu per satu untuk memastikan agar kebijakan itu tepat sasaran kepada pelanggan yang mengalami lonjakan tidak normal,” katanya di Jakarta, Jumat.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta : Astrid Faidlatul Habibah
Editor: Ahmad Buchori
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar