Indeks acuan S&P/ASX 200 naik 15,90 poin atau 0,27 persen menjadi 5.835,10 poin
Sydney (ANTARA) - Saham-saham Australia berakhir lebih tinggi pada perdagangan Selasa, terangkat lonjakan saham perusahaan-perusahaan teknologi besar meskipun perawatan kesehatan dan penambang jatuh.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 15,90 poin atau 0,27 persen menjadi 5.835,10 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas naik 21,70 poin atau 0,37 persen pada 5.960,10 poin.

Baca juga: Lanjutkan kenaikan, saham Australia dibuka sedikit lebih tinggi

Dikutip dari Xinhua, sektor teknologi memimpin kenaikan, dengan keuntungan 1,5 persen karena raksasa perangkat lunak Wisetech dan Afterpay melonjak, sementara saham industri dan konsumen juga menguat.

Sebagian besar dari empat bank besar Australia melayang lebih rendah, namun dukungan dari bank terbesar, Commonwealth Bank, sudah cukup untuk melihat peningkatan pada sektor keuangan secara keseluruhan.

Sementara itu sektor perawatan kesehatan dan material merosot, menahan kenaikan yang lebih besar, sementara sektor energi cenderung datar.

Pada pertemuan Selasa, bank sentral Australia, Reserve Bank of Australia, mempertahankan suku bunga acuan tak berubah di 0,25 persen.

"Secara global, kondisi di pasar keuangan terus membaik, meskipun kondisi di beberapa pasar masih rapuh," kata Gubernur RBA Philip Lowe dalam sebuah pernyataan.

“Volatilitas telah menurun dan pasar kredit semakin terbuka untuk lebih banyak perusahaan. Suku bunga obligasi tetap pada tingkat terendah secara historis."

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih rendah dengan ANZ turun 0,17 persen, National Australia Bank turun 0,39 persen dan Westpac Bank turun 0,92 persen, namun Commonwealth Bank naik 0,20 persen.

Saham-saham pertambangan merosot dengan Rio Tinto turun 0,27 persen, BHP turun 0,84 persen, Fortescue Metal turun 0,41 persen dan penambang emas Newcrest turun 2,16 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search turun 3,10 persen, Santos naik 0,36 persen dan Woodside Petroleum turun 0,13 persen.

Supermarket terbesar Australia menguat dengan Coles naik 0,13 persen dan Woolworths naik 0,77 persen.

Sementara itu raksasa telekomunikasi Telstra tidak berubah, maskapai penerbangan nasional Qantas kehilangan 0,75 persen dan perusahaan biomedis CSL naik tipis 0,02 persen.

Baca juga: Saham Korea menguat 3 hari beruntun, ditopang harapan pemulihan global
Baca juga: Saham Filipina ditutup lebih tinggi dengan indeks PSE naik 1,60 persen

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2020