Samarinda (ANTARA) - Jumlah pasien sembuh COVID-19 di Provinsi Kalimantan Timur terus merangkak naik dan sudah mencapai 162 orang atau lebih dari separuh jumlah kasus COVID-19 yang ditangani Dinas Kesehatan wilayah setempat.

Juru bicara gugus tugas percepatan penanganan COVID-19 Provinsi Kaltim, Andi Muhammad Ishak di Samarinda, Sabtu, melaporkan tambahan 18 orang dinyatakan sembuh.

"Kami bersyukur jumlah pasien sembuh terus meningkat, saat ini ada tambahan lagi sebanyak 18 orang dinyatakan sembuh, sehingga menjadikan jumlah pasien sembuh menjadi 162 orang," kata Andi Muhammad Ishak yang melaporkan rilis harian secara virtual.

Dia mengatakan jumlah pasien sembuh tersebut sudah melebihi dari separoh kasus COVID-19 yang ditangani yakni sebanyak 291 kasus dan yang telah sembuh sebanyak 162 orang.

"Ini menandakan kerja keras Pemerintah dan semua pihak yang terlibat dalam percepatan penanganan COVID-19 ini, sudah mulai kelihatan ada hasilnya, dan semoga Kaltim segera bebas dari COVID-19," tegas Andi Muhammad Ishak.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim itu juga mengabarkan adanya tambahan pasien terkonfirmasi negatif sebanyak 13 orang.

"Ada tambahan 13 orang terkonfirmasi negatif yakni Kutai Kartanegara 3 Kasus,Kutai Timur 4 Kasus, Paser 4 Kasus dan Balikpapan 2 Kasus," jelasnya.

Meski demikian, Andi juga memaparkan kabar buruk masih adanya tambahan pasien terkonfirmasi positif sebanyak enam orang, yakni dua orang di Samarinda, dua orang di Balikpapan, satu orang di Kutai Kartanegara dan satu lainnya di Kutai Timur.

"Masyarakat harus tetap waspada, karena meski grafik kesembuhan mengalami peningkatan, tapi faktanya masih ada tambahan pasien positif, tetap gunakan masker dan biasakan cuci tangan ketika keluar rumah," imbuhnya.

Berdasarkan update Dinas Kesehatan Kaltim pada Sabtu 30 Mei 2020, jumlah kasus COVID-19 sebanyak 291 kasus, sebanyak 162 orang dinyatakan sembuh, 127 orang masih menjalani perawatan medis dan tiga orang dinyatakan meninggal dunia.

 

Pewarta: Arumanto
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2020