Jayapura (ANTARA) - Sebanyak 48 WNA, Kamis (23/4), dijadwalkan diterbangkan dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura, ke Jakarta sebelum kembali ke negaranya. Kepala Kantor Imigrasi Jayapura, Gatut Setiawan, kepada ANTARA, Rabu, mengakui rencana pemulangan 48 WNA yang mayoritas berkebangsaan Amerika Serikat dari berbagai kota di Papua.
 
Rencananya mereka diberangkatkan dengan menggunakan pesawat terbang AirAsia yang disewa khusus Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. "Kami juga tidak akan melakukan pengecapan di paspor karena mereka akan pulang ke negaranya melalui Jakarta," kata Setiawan.

Baca juga: Imigrasi Kupang koordinasikan pemulangan WNA China
 
Perinciannya, 35 orang warga negara Amerika Serikat, 10 warga negara Korea Selatan, dua warga negara Kanada, dan seorang warga negara Jepang. 
 
Di antara WNA yang akan kembali ke negara-negaranya itu, kata dia, ada yang selama ini melakukan pelayanan keagamaan di Kabupaten Wamena, Kabupaten Mulia, dan Kabupaten Sentani. "Pesawat terbang yang akan mengangkut mereka dijadwalkan tiba pukul 09.00 WIT," kata dia.

Penjabat Sekretaris Daerah Papua, Ridwan Rumasukun, secara terpisah mengakui adanya rencana pemulangan 48 WNA yang dijadwalkan Kamis (23/4) .

"Memang benar ada rencana pemulangan WNA dari Bandara Sentani dan itu sudah disetujui gubernur Papua mengingat saat ini kami masih memberlakukan pembatasan masuknya orang melalui udara maupun laut. Mereka sebagian besar misionaris yang masa tugasnya sudah selesai, " kata Rumasukun.
 

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020