Jakarta (ANTARA) - Pusat Kedokteran dan Kesehatan Polri melakukan berbagai langkah untuk mencegah jajarannya terinfeksi virus COVID-19.

Hal ini penting karena umumnya anggota Polri sering beraktivitas di luar ruangan dan banyak bertemu dengan masyarakat.

Kapusdokkes Polri Brigjen Pol dr. Musyafak mengatakan upaya tersebut antara lain memberikan penyuluhan tentang penyakit COVID-19.

"Melakukan penyuluhan tentang COVID-19. Bagaimana cara COVID-19 menginfeksi, bagaimana gejalanya, penularannya dan penanganannya," kata dr. Musyafak saat dihubungi ANTARA, di Jakarta, Senin.

Sosialisasi juga termasuk edukasi cara mencuci tangan yang baik sesuai standar kesehatan.

Anggota Polri dan PNS di lingkungan Polri juga diwajibkan menggunakan masker ketika sedang bekerja, menjaga jarak fisik dan tidak saling bersalaman.

"Ini (penggunaan masker) sudah diterapkan sejak Senin (6/4)," katanya.

Kemudian ada jukrah yang diterbitkan Mabes Polri untuk seluruh anggotanya mengenai pola hidup sehat dan menjaga kebersihan.

Selain itu, Musyafak menambahkan, di pintu masuk markas Kepolisian, didirikan tenda disinfektan serta mewajibkan setiap pengunjung atau anggota Polri yang masuk diukur suhu tubuhnya dan pemakaian hand sanitizer.

Baca juga: Lulusan Bintara Kesehatan Polri akan dikerahkan tangani COVID-19

Ia menambahkan, pihaknya juga melakukan penyemprotan cairan disinfektan ke ruangan-ruangan kantor polisi terutama bagian-bagian yang sering disentuh tangan, diantaranya gagang pintu, kaca pintu, kaca jendela, sofa, toilet dan tombol lift.

Selain itu anggota Polri juga diberikan vitamin tambahan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

"Kami juga mendistribusikan obat-obatan. Salah satunya vitamin untuk menjaga supaya daya tahan tubuh terjaga, imunitas tinggi sehingga tidak rentan terhadap infeksi virus, khususnya covid-19," katanya.

Melalui upaya-upaya ini, mantan Karumkit RS Polri ini berharap anggota Polri tetap sehat dan bisa terus menjalankan tugasnya melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat dengan baik.

Baca juga: Aparat gabungan bubarkan kerumunan masyarakat di berbagai wilayah DKI

Baca juga: Tujuh siswa Setukpa dirawat di RS Polri Said Sukanto dinyatakan sembuh

Baca juga: Pergantian tenaga medis Polri di RSD Wisma Atlet setiap dua pekan

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2020