Pasien positif COVID-19 tidak bergejala diisolasi di RSBNH

id COVID-19,Wuhan,penanganan corona,virus corona,corona,covid-19,2019-ncov,novel coronavirus 2019

Penampakan Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) yang terletak di Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan, Selasa (31/3/2020). ANTARA/Dian Hadiyatna

Bandarlampung (ANTARA) - Empat pasien yang terkonfrimasi positif COVID-19 yang tidak bergejala ataupun dalam keadaan sehat yang saat ini sedang dikarantina mandiri di rumahnya, segera dipindahkan untuk diisolasi di Rumah Sakit Bandar Negara Husada (RSBNH) Kota Baru, Kabupaten Lampung Selatan.

"Kebijakan ini diambil karena masyarakat sekitar mereka yang resah dan takut ke empat pasien tersebut tidak patuh peraturan dan berkeliaran," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Reihana, di Bandarlampung, Selasa.

Ia mengatakan bahwa RSBNH memang cocok untuk tempat isolasi dan memberikan pelayanan kepada keempat pasien positif corona tersebut sebab sejak ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan COVID-19 tidak ada satupun warga sekitar yang memeriksakan diri ke sana.

"Saat ini RSBNH dalam keadaan kosong dan setelah berdiskusi dengan Sekretaris Daerah Fahrizal Darminto, beliau juga menyetujui ke empat pasien tersebut dipindahkan ke sana," kata dia.

Baca juga: Dinkes: Empat pasien baru positif COVID-19 tanpa gejala
Baca juga: Dinkes: Satu pasien COVID-19 di Lampung meninggal dunia

Ia pun menjelaskan bahwa sebenarnya mereka ini hanya perlu mengkarantina mandiri saja dengan memisahkan semua barang dan tempat tidur dengan keluarganya tapi karena banyak yang kuatir akhirnya agar tidak menimbulkan keresahan di masyarakat keputusan memindahkan pasien ke RSBNH diambil.

Selain itu, Reihana mengungkapkan, kenapa pihaknya tidak menyebutkan nama dan alamatnya si pasien positif COVID-19 sebab ditakutkan hal tersebut menjadi stigma di masyarakat.

"Sebenarnya menjadi pasien COVID-19 bukanlah suatu aib dan tidak perlu dipermasalahkan," kata dia.

Baca juga: KAI hentikan rute Palembang-Lampung per 1 April 2020
Baca juga: Antisipasi COVID-19, Lampung-ASDP gunakan sistem pendataan penumpang


Sementara itu, ia menyebutkan perkembangan terkini terkait COVID-19 di Provinsi Lampung yakni untuk orang dalam pantauan (ODP) sebanyak 923 orang dan yang positif Corona ada delapan orang.

"Sedangkan untuk pasien dalam pengawasan (PDP) sebanyak 10 orang dan terkonfirmasi negatif COVID-19 10 orang dengan satu orang positif COVID-19 meninggal dunia," jelasnya.

Baca juga: Dinkes Lampung minta masyarakat dari luar daerah karantina mandiri
Baca juga: Dinkes: Pasien positif COVID-19 di Lampung jadi 4 orang
Baca juga: Lampung dapat bantuan 2.000 APD dari pusat

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar