Dua penambang tersebut, yakni Sehono (40) warga Duluduwur dan Mahmudin (25) warga Sabrang Kodil, Desa Ngropoh, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo
Magelang, Jateng (ANTARA) - Dua penambang galian golongan C di lereng Gunung Merapi di eks-Dusun Ngori, Desa Kemiren, Srumbung, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, tewas tertimpa longsor, kata Kapolres Magelang AKBP Pungky Bhuana Santoso.

"Dua penambang tersebut, yakni Sehono (40) warga Duluduwur dan Mahmudin (25) warga Sabrang Kodil, Desa Ngropoh, Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo," katanya di Magelang, Sabtu.

Ia menjelaskan penambang manual tersebut tewas tertimpa material longsoran tebing setinggi 10 meter, sedangkan teman-temannya berhasil menyelamatkan diri.

Saat kejadian, kata dia, di lokasi ada sekitar empat hingga lima orang. Kemudian, yang lainnya bisa melarikan diri, sedangkan kedua korban tersebut tertimbun longsor.

"Korban mengalami luka di kepala belakang dan tertimbun. Kemudian secepatnya korban dievakuasi teman-temannya terus dibawa ke rumah sakit, tetapi di TKP (tempat kejadian perkara) sudah meninggal dunia dengan luka-luka di kepala bagian belakang," katanya.

Sebelumnya pada Jumat (21/2) pihaknya telah menyampaikan sosialisasi dan memasang spanduk perihal larangan melakukan penambangan karena lokasinya berbahaya.

"Imbauan kami melalui spanduk-spanduk tersebut tidak dihiraukan oleh mereka dan kemungkinan mereka juga mencari sesuap nasi sehingga kami sangat menyayangkan hal ini terjadi," demikian  Pungky Bhuana Santoso.

Baca juga: Seorang penambang di lereng Merapi tewas tertimpa longsoran batu

Baca juga: 8 meninggal tertimbun pasir di Magelang

Baca juga: 17 penambang di Gunung Merapi tertimpa longsor

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2020