Kapolda Sulbar bangun sinergitas bersama wartawan

id eko budi samporno,kapolda sulbar,sinergitas bersama wartawan,polda sulbar

Kapolda Sulawesi Barat Brigjen Polisi Eko Budi Sampurno (kiri) bersama Wakapolda Kombes Pol Endi Sutendi (kanan) pada silaturahmi bersama wartawan di Mamuju, Rabu (19/2/2020). (ANTARA Foto/Amirullah)

Mamuju (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Sulawesi Barat Brigjen Polisi Eko Budi Sampurno berjanji akan membangun sinergitas bersama wartawan di daerah itu.

"Wartawan adalah mitra kami dan Polda Sulbar akan terus membangun sinergitas bersama teman-teman," kata Eko Budi Sampurno, pada silaturahmi bersama wartawan di Mamuju, Rabu.

Silaturahmi yang berlangsung di Lobi Utama Mapolda Sulbar itu, juga dihadiri Wakapolda Kombes Pol Endi Sutendi, Irwasda Kombes Pol Setyo Budi Dwiputro dan para pejabat utama Polda Sulbar serta sejumlah wartawan, baik cetak, elektronik dan online di Mamuju.

Pada silaturahmi itu, Kapolda memperkenalkan Kepala Bidang Humas Polda Sulbar yang baru, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Syamsu Ridwan.

Pada kesempatan itu, Eko Budi Sampurno meminta kepada wartawan untuk memberikan masukan dan berbagai permasalahan yang dihadapi insan pers di daerah itu.

"Silakan teman-teman menyampaikan berbagai hal dan saya akan selalu terbuka. Saya sudah meminta Kabid Humas agar senantiasa menjalin komunikasi dengan rekan-rekan," ujarnya.

Ia menyampaikan bahwa akan mendukung tugas-tugas pers di daerah itu, sepanjang dilakukan sesuai undang-undang.

Mantan Karojakstra Srena Mabes Polri yang baru sepakan menjabat sebagai Kapolda Sulbar itu juga berjanji akan memproses hukum oknum watawan yang melakukan pelanggaran pidana.

"Tentu, kami sangat mendukung jika teman-teman menjalankan tugas jurnalistik sesuai undang-undang yang berlaku. Tapi, kami juga meminta agar rekan-rekan dalam menjalankan tugasnya senantiasa melakukan konfirmasi sehingga berita yang disajikan berimbang," urainya.

"Jika kita sepakat, mari bersama-sama berkomitmen menindak jika ada oknum yang mengatasnamakan wartawan tetapi memeras. Tentu, jika ada oknum wartawan yang melakukan pelanggaran pidana, akan kami proses sesuai hukum yang berlaku," tegas Eko Budi Sampurno.

Sementara, Wakil Ketua Bidang Pembelaan PWI Sulbar Mursalim Majid meminta agar Kapolda Sulbar yang baru dapat memberikan perlindungan kepada wartawan yang benar-benar menjalankan tugas jurnalistk.

"Kami meminta agar pak Kapolda dapat memberikan perlindungan kepada teman-teman wartawan yang menjalankan tugas jurnalistik sesuai kode etik. Tetapi, jika ada oknum wartawan yang melakukan pelanggaran pidana, tentu kami mendukung kepolisian untuk memproses secara hukum," ucap Mursalim Madjid.

Hal senada disampaikan Kepala Aliansi Jurnalis Independen Kota Mandar Biro Mamuju Anhar Toribaras yang meminta komitmen Kapolda Sulbar untuk menindak oknum wartawan yang melakukan pelanggaran.

"Kami hanya meminta komitmen Kapolda Sulbar agar tidak segan-segan menindak jika ada oknum wartawan yang melakukan tindak pidana atau dengan mengatasnamakan wartawan tetapi melakukan pemerasan," tegas Anhar.

Baca juga: Polda Sulbar beri pengamanan terbaik malam tahun baru

Baca juga: Angka kriminalitas di Sulbar 171 kasus, November-Desember 2019

Pewarta : Amirullah
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar