Serang (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Serang memantau perkembangan mahasiswa asal Kota Serang yang kuliah di China dan saat ini dikarantina di Rumah Sakit (RS) Drajat Prawiranegara Serang sebagai bentuk antisipasi pencegahan penyebaran COVID-10 (virus corona).

"Saat ini memang ada beberapa Mahasiswa asal Kota Serang yang masuk karantina KKP Provinsi. Kebetulan karantinanya di RS Drajat," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Serang, M Ikbal di Serang, Rabu.

Ikbal mengatakan selama masa inkubasi berjalan, pihaknya menugaskan tim dari Puskesmas ataupun RS untuk melakukan pemantauan perkembangan mahasiswa tersebut.

"Sekarang ini dalam kondisi baik," katanya.

Baca juga: Mahasiswa yang dipulangkan dari China sehat, sebut Dinkes Banten

Baca juga: Dinkes Lebak waspadai virus corona


Kota Serang merupakan jalur perlintasan. Ikbal mengatakan pihaknya tidak melakukan pemeriksaan pada setiap tamu atau pengunjung hotel karena dikhawatirkan akan mengganggu kenyamanan tamu.

"Kalau untuk pemeriksaan tamu hotel tidak, karena itu kan bisa mengganggu. Nanti muncul isu HAM lagi," kata dia.

Pemeriksaan hanya pada mereka yang tercatat dari luar negeri atau di perbatasan.

"Jadi kita data adalah mereka keluar masuk negara atau yang mereka sudah masuk, kita proteksi. Jadi kalau tamu semua hotel, itu tidak," kata Ikbal.

Sebelumnya Pemprov Banten memfasilitasi kepulangan tujuh orang mahasiswa asal Banten dari China. Dari tujuh orang mahasiswa tersebut, diantaranya ada yang berasal dari wilayah Kota Serang.*

Pewarta: Mulyana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020