Mataram (ANTARA) - Kedekatan Kepolisian Republik Indonesia dengan Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA sudah tersirat dalam sejarah terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) kata Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto.

"Saya kira kita sudah ada sejarah memori bahwa antara Polri dengan LKBN ANTARA sudah dekat seperti saudara," kata Artanto dalam silaturahminya bersama jajaran mewakili Polda NTB ke Kantor LKBN ANTARA Biro NTB di Mataram, Jumat.

Baca juga: LKBN Antara Biro Sultra Peroleh Penghargaan dari KPU RI

Karenanya, Artanto berharap kedekatan ini menjadi sarana bersama untuk melindungi masyarakat dari informasi-informasi yang dapat mengganggu dan mengancam situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Apalagi dengan adanya kesepahaman yang telah ditandatangani dalam Memorandum of Understanding (MoU) antara Mabes Polri dengan LKBN ANTARA, hubungan tersebut diharapkan dapat terjalin lebih baik lagi.

"Saya harap sinergitas kita harus lebih erat dari pada sebelum adanya MoU," ujarnya.

Perihal kerja sama yang sudah terbangun antara LKBN ANTARA dengan Mabes Polri, Kepala Biro LKBN ANTARA NTB Riza Fahriza turut menyampaikan hal senada dengan Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Artanto.

Baca juga: LKBN ANTARA Sultra mendapat penghargaan penanganan banjir Konawe Utara

Dia mengharapkan hubungan ini bisa lebih terjalin erat, khususnya dalam menyebarluaskan informasi dan menangkal isu maupun pemberitaan beraroma "hoaks" di tengah masyarakat.

"Kami harap kerja sama ini bisa lebih erat lagi, sesuai dengan komitmen kami, LKBN ANTARA hadir di tengah masyarakat untuk memerangi 'hoaks' dan menyampaikan informasi yang valid bagi masyarakat kancah nasional hingga internasional," ucapnya.

Dalam pertemuannya, Riza juga memaparkan profil dari LKBN ANTARA sebagai kantor berita yang sudah hadir di tengah masyarakat sejak berdirinya di tahun 1937.

Dengan turut menempatkan perwakilan di setiap provinsi, LKBN ANTARA bertugas untuk mendukung program pemerintah dalam membangun daerah, baik dalam hal kesejahteraan masyarakat maupun kemajuan dan pengembangan potensi di daerah.

"Tentunya dengan koneksi, relasi dan korelasi yang tersebar hingga kancah internasional, menjadi sarana LKBN ANTARA menangkal berita 'hoaks'," kata Riza Fahriza.

Baca juga: Kapolda Kalsel harapkan ANTARA terus sampaikan informasi mencerahkan

Baca juga: Polda NTB-LKBN ANTARA komitmen antisipasi penyebaran berita "hoaks"

Pewarta: Dhimas Budi Pratama
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020