Pontianak (ANTARA) - TNI-Polri Kota Singkawang menyatakan sudah siap untuk memberikan pengamanan hari raya Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

"Dalam pengamanannya, kita akan mengerahkan personel sebanyak 2/3 kekuatan dari Polres, dibantu satuan TNI dan stakeholder terkait seperti Dishub, Dinkes dan KB, Jasa Raharja dan Satpol PP," kata Kapolres Singkawang, AKBP Raymond M Masengi, usai memimpin apel gelar pasukan Operasi Lilin Kapuas 2019, di halaman Mapolres Singkawang, Kamis.

Baca juga: Kapolri tekankan peran aktif komponen masyarakat amankan Natal

Baca juga: 3.187 personel gabungan kawal Natal-Tahun Baru di Sultra

Baca juga: Ridwan Kamil pastikan Jabar kondusif jelang Natal-Tahun Baru


Dia mengatakan, pengamanan akan difokuskan kepada rumah-rumah ibadah seperti gereja, obyek wisata dan pusat keramaian lainnya.

Pihaknya, akan bertindak tegas untuk memastikan keamanan dan ketertiban masyarakat Kota Singkawang agar selalu dalam keadaan kondusif.

Dalam memberikan pengamanan, lanjutnya, Polres Singkawang juga akan mendirikan pos pengamanan dan pelayanan bagi masyarakat yang melaksanakan mudik sebelum hari raya Natal dan Tahun Baru.

"Didirikannya pos pengamanan dan pelayanan ini adalah dalam rangka memberikan pelayanan yang prima bagi masyarakat yang akan merayakan hari raya Natal dan Tahun Baru," ungkapnya.

Secara keseluruhan, katanya, ada sebanyak lima pos pengamanan dan satu pelayanan yang akan Polres Singkawang bangun.

"Pos-pos ini akan beroperasi selama Operasi Lilin yang dimulai dari tanggal 22 Desember sampai 1 Januari 2020," jelasnya.

Kapolsek Singkawang Selatan, AKP Muhammad Aminuddin mengatakan, pihaknya akan membangun pos pengamanan di Bundaran 1001 Sakok dengan seindah mungkin untuk membuat pengemudi mau mampir ke Pospam.

"Apabila ada pengemudi yang sedang mengantuk atau kelelahan, silahkan mampir ke Pospam kita yang ada di Bundaran 1001 Sakok," katanya.

Pada prinsipnya, Polsek Singkawang Selatan sudah siap untuk mengamankan perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Sementara Pangdam XII/Tpr, Mayjen TNI Muhammad Nur Rahmad meminta kepada TNI, Polri dan seluruh komponen masyarakat yang ada di Kalbar untuk bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat, sehingga perayaan Natal dan Tahun Baru dapat berjalan dengan aman dan lancar.

"Apabila semua bisa terlaksana dengan baik, saya yakin keamanan dan ketertiban masyarakat khususnya di Kalbar akan selalu terjaga dan kondusif," katanya.

Menurutnya, masyarakat dan seluruh pihak harus terlibat dalam menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

"Karena keamanan menjadi tanggungjawab bersama masyarakat dan seluruh pihak untuk menjaga kondusivitas khususnya di Kalbar," ujarnya.

Pewarta: Rendra Oxtora
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019