Angin Kencang robohkan tiang listrik dan warung di Bangkalan

id Angin Kencang Bangkalan, Puting Beliung Bangkalan

Angin kencang melanda Bangkalan, Madura, Jawa Timur, Senin (9/12/2019) sore. (ANTARA/Abd Aziz)

Bangkalan (ANTARA) - Hujan deras disertai angin kencang melanda Bangkalan, Jawa Timur, Senin sore, yang menyebabkan sejumlah bangunan semi permanen berupa warung dan tiang listrik roboh.

Sejumlah papan reklame di Pertigaan Tangkel, Burneh, Bangkalan juga beterbangan ditiup angin kencang. "Saat ini arus lalu lintas di Jalan Raya Tangkel macet karena beberapa tiang listrik miring dan menutup separuh akses jalan," kata anggota TNI asal Pamekasan yang melintas di jalur Kapten Junaedi kepada ANTARA per telepon, Senin sore.

Selain tiang listrik, tiang telepon juga ada yang roboh. Sebagian petugas sudah ada di lokasi untuk melakukan perbaikan.

Sementara, akibat musibah ini antrean kendaraan terlihat memanjang baik dari arah Sampang yang hendak menuju Surabaya ataupun sebaliknya.

Hujan deras disertai angin kencang yang terjadi Senin (9/12/2019) sore ini juga menyebabkan sejumlah pepohonan di kanan-kiri Jalan Raya Tangkel, Bangkalan itu roboh dan mengenai bangunan serta kendaraan bermotor yang sedang parkir di pinggir jalan raya itu.

Baca juga: Puting Beliung robohkan SD Negeri di Bangkalan

Baca juga: Di Sumenep, Madura-Jatim 50 bangunan rusak diterjang angin kencang

Baca juga: Akibat angin kencang, 52 bangunan di Pamekasan-Madura rusak


Berdasarkan catatan ANTARA, musibah angin kencang yang terjadi di Bangkalan, Senin sore ini merupakan kali kedua.

Kejadian serupa juga terjadi pada 25 November 2019 di Desa Tlaga, Kecamatan Galis, Bangkalan. Akibatnya satu orang meninggal dalam peristiwa tersebut.

Menurut laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangkalan, selain satu orang meninggal dunia atas nama Mahmudah (18), dua orang lainnya, Sumairah (35) dan Bi'a (80), juga mengalami luka ringan.

Puluhan rumah rusak diterjang angin puting beliung yang terjadi pada Minggu (24/11/2019) malam sekitar pukul 20.00 WIB itu. Dua di antaranya rata dengan tanah atau mengalami rusak berat, masing-masing milik Abd. Munib dan Toni.

"Untuk kejadian di Tangkel, petugas kami masih meluncur ke lokasi kejadian untuk melakukan pendataan," kata kepala Kepala BPBD Pemkab Bangkalan Rizal Moris per telepon.*

Baca juga: Angin kencang rusak lima bangunan di Pamekasan-Madura

Baca juga: Angin puting beliung rusak tiga bangunan

Baca juga: Angin kencang di Pamekasan, 22 bangunan rusak

Pewarta : Abd Aziz
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar