... ini penghormatan kepada beliau, beliau ini khan ahlinya...
Jakarta (ANTARA) - Saat acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah, Presiden Joko Widodo mempersilakan Wakil Presiden, Ma'ruf Amin, untuk memberikan sambutan.

"Ya ini penghormatan kepada beliau, beliau ini khan ahlinya," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara usai acara, Jumat malam.

Jokowi menjelaskan bisa saja wakil presiden akan memberikan sambutan pada acara serupa di masa datang. "Ya bisa saja, saling mengisi," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, pesan-pesan yang disampaikan Ma'ruf mengenai keteladanan Rasulullah SAW perlu diikuti oleh umat muslim.

Juga baca: Wapres ungkap pemerintah dorong penciptaan SDM berkualitas

Juga baca: Wapres: Rasulullah inspirasi dorong pembangunan SDM bangsa

Juga baca: Istana peringati Maulid Nabi 1441 H

Ma'ruf dalam sambutannya mengatakan dalam rangka peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, sosok Rasulullah menjadi inspirasi mendorong pembangunan SDM bangsa.

"Perubahan yang dilakukan Rasul adalah perubahan pada manusianya, dari akidah, cara berpikir, dan perilakunya. Semangat perubahan seperti Rasul itu yang ingin kita contoh dan teladani," kata dia.

Menurut dia, Nabi Muhammad SAW adalah tokoh perubahan luar biasa yang membuat perbaikan hanya dalam waktu 23 tahun.

Ketua MUI itu juga menjelaskan Rasulullah melakukan perubahan secara berkelanjutan. "Beliau melakukan perubahan secara terus menerus, berkelanjutan. Perbaikan ke arah yang lebih baik secara berkelanjutan, pencapaian berkelanjutan. Beliau melakukan perubahan dengan hati, ahlakul karimah, santun," kata dia. 

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019