Pariaman dan Turki bangun pondok pesantren tahfiz

id pesantren turki,Pondok Pesantren Sulaimaniyah Turki,Kota Pariman Sumbar

Ilustrasi - Sejumlah santri Sekolah Tahfidz Almanar, Lopang, Serang, Banten, belajar menghafal Al Quran, Selasa (23/7). (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/)

Pariaman  (ANTARA) - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, segera membangun pondok pesantren tahfiz dengan anggaran sekitar Rp3 miliar yang operasionalnya bekerja sama dengan Pondok Pesantren Sulaimaniyah Turki.

"Lahan dan desainnya sudah ada, serta sedikit dana untuk peletakan batu pertama yang rencananya dilaksanakan November," kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Pariaman M. Nur di Pariaman, Rabu.

Ia menyampaikan lokasi dibangunnya pesantren tersebut yaitu di Desa Kampung Kandang, Kecamatan Pariaman Timur, dengan luas lahan tiga hektare.

Bangunan pesantren tersebut bertaraf berbintang tiga sehingga setiap ruangan memiliki pendingin udara.

Untuk mempersiapkan pembangunan pesantren tersebut, pihaknya telah mengunjungi sejumlah pesantren di sejumlah daerah di Indonesia yaitu Aceh, Medan, Jakarta.

Baca juga: Menlu koordinasi terkait sekolah Turki

Baca juga: Kemenag wisuda santri Pesantren Hafidz Sulaimaniyah


Ia menjelaskan kerja sama dengan pesantren Turki tersebut dalam penyediaan guru, mencarikan santri, dan dana operasional.

"Sedangkan izin operasional dan jaminan mutu pendidikannya dari kami," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Pariaman Genius Umar mengatakan dengan adanya pesantren tersebut maka dapat mendukung daerah itu sebagai kota wisata berbasis Islami.

"Apalagi pesantren Sulaimaniyah ini cabangnya banyak, tidak saja di Indonesia tapi juga sejumlah negara di dunia," ujarnya.

Ia menyampaikan pihaknya masih mencari donatur untuk membangun pesantren tersebut sehingga dapat segera difungsikan.

"Saat ini pendanaannya belum menggunakan APBD Pariaman," kata dia.*

Pewarta : Altas Maulana
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar