Kementerian BUMN akan gelar sertijab Menteri BUMN

id Kementerian BUMN,Erick Thohir,Menteri BUMN

Suasana Kementerian BUMN jelang sertijab antara Menteri BUMN periode 2014-2019 Rini Soemarno dengan Menteri BUMN periode 2019-2024 Erick Thohir di Jakarta, Rabu (23/10/2019). ANTARA/Aji Cakti

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Badan Usaha Milik Negara akan menggelar prosesi serah terima jabatan (sertijab) antara Menteri BUMN periode 2014-2019 Rini Soemarno dengan Menteri BUMN periode 2019-2024 Erick Thohir.

"Sehubungan dengan telah dilantiknya Menteri Badan Usaha Milik Negara periode 2019-2024, kami mengundang untuk dapat menyaksikan serah terima jabatan Menteri BUMN pada Rabu (23/10)," ujar Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro dalam keterangan resminya di Jakarta, Rabu.

Rencananya prosesi sertijab tersebut akan dilaksanakan di Kementerian BUMN pada pukul 16.00 WIB.

Pada Rabu, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin menunjuk dan melantik Erick Thohir sebagai Menteri BUMN bersama para menteri Kabinet Indonesia Maju.

Baca juga: Erick Thohir siap terjun di pemerintahan

Sebelumnya Erick Thohir mengaku siap membantu Presiden Joko Widodo meski  berat untuk meninggalkan dan melepas jabatan di perusahaannya.

Usai menjalani sesi wawancara dengan Presiden Jokowi, Erick menyampaikan bahwa dirinya ditanya seputar masalah perekonomian di mana salah satu topiknya mengenai perang dagang yang saat ini melanda dunia.

Peneliti senior Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati menilai bahwa Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir cocok untuk mengisi pos Kementerian BUMN periode 2019-2024.

Enny mengatakan Erick Thohir telah memiliki pengalaman yang cukup banyak sehingga akan mampu memimpin Kementerian BUMN yang dianggap memerlukan banyak pembenahan sebab sebenarnya kementerian tersebut memiliki fungsi yang sangat strategis terhadap perekonomian.

Enny menuturkan selain Erick memiliki latar belakang dalam mengelola berbagai macam usaha, ia juga dinilai berhasil mengkoordinasikan tim kampanye Jokowi-Ma’ruf sebab tidak terdengar kegaduhan di internal yang sampai ke telinga publik.

Erick Thohir seorang pengusaha kelahiran Jakarta, 30 Mei 1970. Erick juga dikenal sebagai pendiri Mahaka Group yang bergerak dalam bisnis media dan entertainment.

Erick meraih gelar sarjananya dari Glendale University, Amerika Serikat, kemudian lulus program master untuk Bisnis Administrasi dari Universitas Nasional California, Amerika Serikat pada 1993.
Baca juga: Menteri BUMN Erick Thohir dilantik, tiga sahamnya langsung merosot

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar