Pasar saham Australia ditutup menguat dengan sebagian sektor membaik

id saham Australia,indeks S&P/ASX 200,indeks All Ordinaries

Seorang pria tengah memantau layar utama pergerakan saham Australian Securities Exchange, di Sydney, Australia (Reuters) (Reuters)

Sydney (ANTARA) - Pasar saham Australia ditutup lebih tinggi pada Selasa, dengan sebagian besar sektor membaik setelah awal perdagangan yang lambat.

Pada penutupan pasar, indeks acuan S&P/ASX 200 naik 19,70 poin atau 0,30 persen menjadi 6.672,20 poin, sedangkan indeks All Ordinaries yang lebih luas bertambah 20,90 poin atau 0,31 persen pada 6.778,60 poin.

Sektor material memimpin kenaikan pada indeks Aussie, mengangkat lebih dari satu persen, sementara sebagian besar sektor lain juga cenderung menguat.

Sementara itu sektor teknologi, consumer discretionary dan layanan kesehatan merosot, terbebani oleh saham-saham yang merilis pembaruan perdagangan di RUPS.

"Di antara saham-saham kesehatan, Cochlear adalah salah satu penyeret penurunan utama," kata analis pasar Commsec, James Tao.

Pembuat alat bantu dengar itu merosot empat persen karena menurunkan target pertumbuhan laba per saham (EPS) tahunan gabungan selama tiga tahu dari antara 10 persen - 20 persen menjadi 7,5 persen -12,4 persen selama empat tahun.

Di sektor keuangan, bank-bank besar Australia sebagian besar lebih tinggi dengan Commonwealth Bank turun 0,03 persen, ANZ naik 0,61 persen, National Australia Bank naik 0,66 persen dan Westpac Bank naik 0,55 persen.

Saham-saham pertambangan juga sebagian besar lebih tinggi dengan BHP naik 1,20 persen, Rio Tinto naik 1,48 persen dan Fortescue Metals naik 2,40 persen, namun penambang emas Newcrest turun 2,60 persen.

Produsen-produsen minyak dan gas bervariasi dengan Oil Search turun 1,12 persen, Santos naik 0,45 persen, dan Woodside Petroleum turun 0,06 persen.

Supermarket terbesar Australia naik tipis dengan Coles turun 0,13 persen dan Woolworths turun 0,05 persen.

Sementara raksasa telekomunikasi Telstra terangkat 0,42 persen, maskapai penerbangan nasional Qantas turun 0,15 persen dan perusahaan biomedis CSL meningkat 0,72 persen.

Baca juga: Pasar saham Australia berakhir hampir tak berubah
Baca juga: Pasar saham Australia dibuka turun dengan kerugian luas

Pewarta : Apep Suhendar
Editor: Ahmad Wijaya
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar