Perbankan targetkan 350 ribu siswa Soloraya penabung Simpel

id Gerakan Indonesia Menabung,Soloraya,simpanan pelajar

Kegiatan Solo Financial Inclusion 2019 Expo di Solo Paragon Mall minggu lalu sekaligus dimanfaatkan untuk sosialisasi Gerakan Indonesia Menabung (Foto: Aris Wasita)

Solo (ANTARA) - Perbankan mengajak para siswa setingkat SMP/MTs di Soloraya mengikuti Gerakan Indonesia Menabung untuk mengajarkan gaya hidup berhemat sejak dini.

"Kami menargetkan sebanyak 350.000 siswa SMP/MTs dari 830 sekolah di tujuh kabupaten/kota se-Soloraya memiliki rekening tabungan melalui Simpanan Pelajar atau Simpel," kata Koordinator Gerakan Indonesia Menabung Soloraya sekaligus Kepala Cabang BTN Surakarta Deddy Armanto di Solo, Selasa.

Selain mengajarkan siswa berhemat, dikatakannya, kebiasaan menabung sejak kecil dapat memberikan edukasi positif bagi anak-anak terkait perencanaan masa depan.

Ia mengatakan Gerakan Indonesia Menabung tersebut juga disosialisasikan pada kegiatan event Solo Financial Inclusion 2019 Expo di Solo Paragon Mall minggu lalu.

Bahkan, pada saat itu dilakukan pula penandatanganan nota kesepahaman antara Koordinator Gerakan Indonesia Menabung dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Kanwil Kementerian di tujuh kota/kabupaten di Soloraya

"Pada prinsipnya, gerakan ini lebih ke muatan misi sosial daripada berorientasi pada bisnis. Kami juga mengajak seluruh lembaga keuangan lain untuk ikut berpartisipasi menyukseskan program ini," katanya.

Ia mengatakan mengingat program tersebut bersifat bakti sosial, pihak bank yang lebih aktif jemput bola ke sekolah-sekolah untuk membuatkan rekening tabungan para siswa.

Sebelumnya, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta Eko Yunianto mengatakan untuk menyukseskan Gerakan Indonesia Menabung diharapkan para mitra kerja dapat bersinergi dengan baik.

"Dengan dukungan berbagai pihak, baik Dinas Pendidikan, Kemenag, guru, maupun sekolah kami yakin gerakan ini bisa sukses," katanya.

Sebagaimana diketahui, Gerakan Indonesia Menabung diinisiasi oleh OJK pusat bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan. Selanjutnya, gerakan tersebut dilanjutkan di tingkat daerah.

"Harapannya program ini dapat berjalan dengan baik termasuk di Soloraya," katanya.

Baca juga: BI gencarkan kampanye Gerakan Indonesia Menabung
Baca juga: 900 pelajar terima Tabunganku dari BI Bandung

Baca juga: Tabungan simpanan pelajar di Sulsel capai Rp39 miliar

Pewarta : Aris Wasita
Editor: Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar