Uang masuk ke rekening Sumbar Peduli Sesama Rp6,17 miliar dan uang keluar mencapai Rp3,26 miliar. Total yang tersisa saat ini Rp2,91 miliar
Padang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menutup donasi untuk perantau Minang korban kerusuhan Wamena yang dijadwalkan malam ini pukul 23.59 WIB, dengan jumlah dana terkumpul sementara Rp6,1 miliar.

"Uang masuk ke rekening Sumbar Peduli Sesama Rp6,17 miliar dan uang keluar mencapai Rp3,26 miliar. Total yang tersisa saat ini Rp2,91 miliar," kata Kepala Biro Bina Mental Sekretariat Provinsi Sumbar, Syaifullah di Padang, Jumat.

Menurutnya uang keluar didominasi untuk keperluan membayar klaim tiket pesawat para perantau yang pulang ke Sumbar, santunan dan sewa mobil.

Ia mengatakan awalnya yang dibantu adalah mereka yang benar-benar tidak punya lagi memiliki kemampuan secara materi untuk pulang ke kampung agar tidak terlunta-lunta di negeri orang, apalagi kondisi waktu itu masih belum kondusif, maka dibantu bersama-sama.

Namun dalam prosesnya, karena jumlah sumbangan yang terkumpul sangat banyak, melebihi kebutuhan untuk memulangkan perantau yang terdampak kerusuhan, maka diambil keputusan untuk mengganti tiket mereka yang pulang secara mandiri.

Selain itu perantau yang pulang juga mendapatkan santunan Rp1 juta untuk dewasa dan Rp500 ribu untuk anak-anak. Semua yang pulang, baik yang pulang dibantu pemerintah, dibantu Aksi Cepat Tanggap (ACT) atau pulang sendiri mendapatkan santunan.

Syaifullah mengatakan, data terakhir jumlah perantau yang pulang dari Papua itu adalah 860 orang.

Sementara sisa anggaran yang masih tersimpan di rekening Sumbar Peduli Sesama rencananya akan diserahkan kepada perantau Minang yang masih berada di Wamena.

Namun teknis dan jumlah bantuan yang diberikan masih akan dirembukkan bersama.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Setda Sumbar Jasman menyatakan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua pihak yang telah memberikan bantuan sehingga perantau bisa dipulangkan.

"Mudah-mudahan sumbangan itu menjadi amal ibadah untuk semua," katanya.

Baca juga: Gubernur: Bantuan perantau Minang di Wamena mendekati Rp6 miliar

Baca juga: Rekening Sumbar Peduli Sesama membengkak

Baca juga: Sumbar hentikan pemulangan perantau dari Wamena

Baca juga: Perantau Minang diimbau tetap di Wamena jika keamanan dijamin

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019