Kampung KB Kecana Sari tidak hanya kembangkan masalah KB

id kampung kb purworejo

Kasubid Hubungan Antarlembaga dan Bina Lini Lapangan BKKBN Jateng Nasri Yatiningsih menyerahkan hadiah kepada Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Kuswantoro atas prestasi pengelolaan website Kampung KB Kencana Sari. ANTARA/Heru Suyitno

Purworejo (ANTARA) - Kampung KB Kencana Sari di Desa Candisari, Banyuurip, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah tidak hanya mengembangkan masalah keluarga berencana, tetapi juga masalah lain untuk kesejahteraan masyarakat.

"Tidak hanya masalah KB yang kami kembangkan di Desa Candisari ini, tetapi masalah-masalah lain seperti keamanan, lingkungan hidup, perekonomian, pendidikan, dan kesehatan," kata Kepala Dinsosduk KBPPPA Kabupaten Purworejo, Kuswantoro di Purworejo, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut usai meninjau kegiatan Kampung KB Kencana Sari di Desa Candisari, Kecamatan Banyuurip, Kabupaten Purworejo.

"Kegiatan di Kampung KB ini kami sinergikan sehingga lintas sektor bersama-sama dengan kami untuk membuat kegiatan di Desa Candisari ini sehingga masyarakatnya nanti betul-betul bisa maju," katanya.

Baca juga: Program kampung KB butuh inpres agar optimal

Ia mengatakan di Kabupaten Purworejo sudah dicanangkan sekitar 40 kampung KB, salah satunya di Desa Candisari  yang merupakan kampung KB paling bagus di Kabupaten Purworejo.

"Harapan kami ke depan ini tambah bagus tambah sinergis peran lintas sektor untuk bersama dengan Dinas Sosial Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pembinaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinsosduk KBPPPA) agar kampung KB ini nantinya bisa menyejahterakan masyarakat di Desa Candisari," katanya.

Kasubid Hubungan Antarlembaga dan Bina Lini Lapangan BKKBN Jateng Nasri Yatiningsih mengatakan pengelolaan Kampung KB di Provinsi Jateng menjadi tolak ukur untuk pengelolaan kampung KB secara nasional, karena Jateng sudah menjadi kampung KB percontohan tingkat nasional yang dimenangkan Kampung KB Gadis di Kabupaten Cilacap.

Ia mengatakan banyak upaya yang dilakukan untuk Kampung KB di Jateng, salah satunya dengan penilaian untuk website kampung KB, di samping itu dilaksanakan lokakarya untuk evaluasi pascapelatihan Kampung KB.

"Jadi setelah latihan empat unsur dari Kampung KB, yaitu OPD KB yang bertanggung jawab terhadap Kampung KB di daerahnya, kemudian penyuluh KB yang merupakan pembina langsung kampung KB, ketua pokja dan kepala desa yang sangat mempengaruhi kebijakan dari kampung KB itu melaksanakan evaluasi, itu juga salah satu bentuk untuk mengoptimalkan pengelolaan website yang masih 40 persen," katanya.

Baca juga: Pemkab Batang luncurkan Kampung KB Percontohan Desa Sodong

Selain itu, katanya juga diberikan penghargaan terhadap website yang pengelolaannya berkelanjutan  dan aktif mengisi website selama beberapa bulan terakhir.

Ia menyampaikan di Jateng ada 1.940 Kampung KB, dari sejumlah tersebut yang menjadi percontohan atau Centre of Excellence (COE) tingkat provinsi tahun 2018 ada 2 Kampung KB, yakni Kampung KB Gadis Silacap dan Kampung KB Duta Makmur di Kabupaten Sukoharjo.

Kemudian di tahun 2019 menetapkan 35 Kampung KB COE sehingga Jateng memiliki 37 Kampung KB COE. 

Baca juga: Sudah 14.536 Kampung KB dibentuk di seluruh Indonesia

Pewarta : Heru Suyitno
Editor: Budhi Santoso
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar