Wisatawan asing ke Kebun Raya Cibodas turun drastis, ini penyebabnya

id kebun raya cibodas,wisatawan asing

Tingkat kunjungan wisatawan asing ke Kebun Raya Cibodas, Cianjur, Jawa Barat, menurun, namun tidak dengan angka kunjungan lokal yang cukup tinggi setiap akhir pekan (Ahmad Fikri)

Cianjur (ANTARA) - Pengelola Kebun Raya Cibodas (KRC), Cianjur, Jawa Barat, mencatat penurunan angka wisatawan asing sejak Januari sampai September 2019 menurun drastis, menjadi hanya 22.771 orang, dibandingkan tahun lalu yang mencapai 37.058 orang.

Humas Kebun Raya Cibodas, Dwi Novia Puspitasari pada wartawan Senin, mengatakan menurunnya angka kunjungan wisatawan asing tersebut diduga akibat ditutupnya jalur Puncak-Cianjur dari kendaraan besar akibat longsor di sejumlah titik.

"Penurunannya sekitar 10-15 persen, sedangkan wisatawan asing yang Kebun Raya Cibodas masih didominasi asal Timur Tengah dan sejumlah negara di Eropa. Jumlah wisatawan Timur Tengah mencapai sekitar 10.000 orang," katanya.

Ia menjelaskan meskipun belum ada penambahan sarana atau prasarana di Kebun Raya Cibodas tersebut, namun tidak mengurangi minat wisatawan asing untuk datang ke kebun raya yang memiliki koleksi pohon dan tanaman khas tersebut.

Wisatawan mancanegara betah berlama-lama karena di negara mereka sulit mendapatkan tempat wisata bernuansa alam dan air yang dimiliki Kebun Raya Cibodas. "Wisatawan Timur Tengah bisa sampai sore membawa keluarganya untuk menikmati sejuknya hawa pegunungan," katanya.

"Angka kunjungan tertinggi pada bulan Agustus mencapai 5.032 wisatawan dari berbagai negara. Kebun Raya Cibodas menjadi tempat favorit wisatawan dari Timur Tengah, sedangkan dari Eropa sebagian besar mahasiswa yang melakukan penelitian," katanya.

Meskipun wisatawan asing mengalami penurunan, tutur dia, namun target angka kunjungan wisatawan secara keseluruhan telah melampaui target, yaitu mencapai 619.843 orang dari target 550.000 per tahun.

Pewarta : Ahmad Fikri
Editor: Risbiani Fardaniah
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar