Acara dirangkai dengan penandatanganan simbolik sampul Peringatan Sail Nias 2019
Nias Selatan (ANTARA) - Parade kapal nelayan turut memeriahkan acara puncak Sail Nias 2019 yang digelar di Pelabuhan Baru, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, Sumatera Utara, Sabtu(14/9/2019).

Wartawan ANTARA di Pelabuhan Baru, Teluk Dalam, Sabtu, melaporkan, sebanyak 100 kapal nelayan melakukan parade di hadapan ribuan masyarakat dan tamu undangan yang menghadiri puncak Sail Nias 2019 dan juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang mewakili Presiden Joko Widodo serta sejumnlah menteri lainnya.

Selain itu Puncak acara Sail Nias 2019 juga dimeriahkan tari kolosal eksotik budaya Nias, parade kapal nelayan diiringi paramotor dan paratrike, terjun payung 16 personel TNI gabungan, flying pass tiga pesawat tempur Hawk 100/200 TNI AU.

Baca juga: Pemerintah dukung penuh pengembangan pariwisata Nias

Acara dirangkai dengan penandatanganan simbolik sampul Peringatan Sail Nias 2019 oleh Menko Kemaritiman, Penandatanganan MoU Pemprov Sumut dengan pengelola Museum Pusaka Nias dalam rangka revitalisasi dan pengembanganMuseum Pusaka Nias sebagai warisan budaya.

Puncak acara Sail Nias 2019 akan digelar di Pelabuhan Baru, Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan, yang juga dimeriahkan penampilan kesenian, demo udara, parade sampan nelayan, dan terjun payung.

Penyelenggaraan Sail Nias 2019 melibatkan empat kabupaten dan satu kota di Pulau Nias yakni Kota Gunungsitoli, Kabupaten Nias Selatan, Nias Barat, Nias, dan Nias Utara.

Sail Nias 2019 merupakan acara layar ke-11 yang digelar Pemerintah Indonesia sejak 2009. Meski telah dikenal dunia sebagai titik selancar nomor dua setelah Hawaii, Nias diharapkan akan lebih banyak dikenal dan dikunjungi wisatawan setelah perhelatan tersebut.

Selain acara puncak pada 14 September 2019, rangkaian kegiatan Sail Nias telah dimulai Mei lalu dengan yacht rally. Selain itu, akan ada festival lompat batu se-Kepulauan Nias, parade kapal nelayan tradisional, gebyar kopi, hingga lomba voli pantai.

Baca juga: Pemda di Kepuluan Nias diminta terus kembangkan sektor pariwisata
Baca juga: Festival Kuliner Khas Nias meriahkan Sail Nias 2019

Pewarta: Juraidi
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019