Terimakasih kepada seluruh jajaran Kemendagri dan BNPP yang bekerja secara sungguh-sungguh dan terus melakukan inovasi perbaikan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) meraih Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Kementerian Keuangan.

Apresiasi tersebut disampaikan langsung Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati kepada Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo dalam Rapat Kerja Nasional Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintahan Tahun 2019.

“Kami ingin menyampaikan rasa penghargaan dan terima kasih kepada Kementerian dan Lembaga karena selama 15 tahun ini, kita terus berupaya menciptakan tata kelola dan pengelolaan keuangan negara secara jauh lebih baik,” kata Menteri Keuangan, Sri Mulyani di Gedung Dhanapala Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kemenkeu beri penghargaan WTP kepada Kemendagri dan BNPP

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yang juga sebagai Kepala BNPP mengucapkan rasa syukur atas pencapaian yang menggembirakan tersebut.

Baginya, raihan prestasi tersebut didapat berkat kinerja jajarannya di lingkungan Kementerian Dalam Negeri maupun BNPP.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran Kemendagri dan BNPP yang bekerja secara sungguh-sungguh dan terus melakukan inovasi perbaikan yang meningkatkan kinerja positif organisasi Kemendagri,” kata Tjahjo usai menerima penghargaan.

Mendagri Tjahjo Kumolo berharap bisa memacu kinerja aparatur di lingkungan Kemendagri untuk mempertahankan dan mendapatkan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang sama pada tahun mendatang.

Selain itu, dia juga memuji kinerja para aparatur pemerintah dan profesional di jajaran Kemendagri dan BNPP yang mampu mengelola anggaran dengan baik.

"Kinerja teman-teman di jajaran Kemendagri dan BNPP setidaknya selama beberapa tahun ini mampu menunjukkan kinerja yang sangat profesional khususnya dalam rangka menata anggaran sehingga dapat dipertanggungjawabkan dengan baik," kata Tjahjo.

Senada dengan hal itu, Sri Mulyani juga mengapresiasi Kementerian dan Lembaga yang telah mampu melakukan pertanggungjawaban pengelolaan keuangan negara dengan baik.

Hal itu menunjukkan komitmen jajaran Kemendagri dan BNPP dalam pengelolaan keuangan dan menyajikan laporan yang dapat dipertanggungjawabkan lima kali berturut-turut.

Ia mengatakan Laporan Keuangan Kementerian dan Lembaga (LKKL) yang mendapatkan opini WTP pada 2018 yang lalu tetap diaudit dan dilaporkan adalah sebanyak 81 LKKL, meningkat dari sebelumnya yang berjumlah 79.

Baca juga: Kemenkop UKM pertahankan opini WTP lima tahun berturut-turut

"Ini adalah peningkatan yang signifikan dari sebelumnya. Tentunya ini menunjukkan suatu komitmen dari pengelolaan keuangan negara terutama dari pengguna keuangan negara untuk bisa melakukan pertanggungjawaban yang semakin baik,” kata Sri Mulyani.

Opini Wajar tanpa pengecualian (WTP) adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material. Artinya, auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, Kementerian Dalam Negeri dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019