Banda Aceh (ANTARA) - Dua jamaah haji Debarkasi Aceh dari sebanyak 391 jamaah kloter tiga yang tiba dengan selamat di daerah berjuuik "Tanah Sencong" itu harus dirujuk ke Rumah Sakit Daerah Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh karena menderita kanker tenggorokan dan hipertensi.

"Alhamdulillah jamaah kloter tiga kembali dengan jumlah sebagaimana waktu berangkat, tidak ada yang meninggal dunia di Arab Saudi," kata Kepala Kantor Wilayah Kemenag Aceh, Daud Pakeh, Jumat, di Banda Aceh.

Menurut petugas kesehatan Debarkasi Aceh dr Maya Sofia dua jamaah yang harus dirujuk ke rumah sakit itu yakni Solihin Saleh (63) dari Kabupaten Gayo Lues karena diagnosa menderita kanker tenggorokan.

"Dari bandara langsung kita rujuk ke RSUZA untuk mendapat rawatan lanjutan," katanya.

Kemudian jamaah kedua yakni Satunah Raub Abdullah (55) dari Aceh Tenggara dengan diagnosa menderita hipertensi.

Namun, kata dia, sebelumnya tim kesehatan  terlebih dahulumelakukan observasi ke klinik debarkasi untuk melihat tekanan darah jamaah dan hasil tensi darahnya tetap tinggi.

"Makanya kita rujuk untuk mendapat terapi lebih lanjut. Saat ini semuanya sudah lima jamaah haji Aceh yang dirawat di RSUZA dari kloter satu hingga kloter tiga yang telah tiba di Aceh," kata Maya Sofia.

Sedangkan Daud Pakeh menambahkan jamaah haji yang tergabung dalam kloter tiga tersebut berasal dari Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Nagan Raya dan kota Subulussalam. Mereka tiba di Aceh melalui Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda, Aceh Besar, Jumat dini hari pukul 01.09 WIB.

Saat ini tercatat sudah 1.171 jamaah haji Debarkasi Aceh kembali ke Tanah Air dengan rincian kloter satu sebanyak 392 jamaah, kloter dua sebanyak 388 jamaah, dan kloter tiga 39 jamaah.

Sedangkan sebanyak 3.465 jamaah Debarkasi Aceh masih berada di Arab Saudi menunggu jadwal kepulangan, demikian Daud Pakeh.

Baca juga: 392 jamaah haji debarkasi Aceh tiba di Tanah Air

Baca juga: Bisa berangkat musim haji tahun depan calhaj Aceh Barat yang hamil

Baca juga: Jamaah asal Aceh mulai terima dana wakaf Baitul Asyi di Mekkah

Pewarta: Khalis Surry
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019