Pemprov Sulsel bangun pusat pelayanan bagi TKI

id Antara Sulsel

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (kiri).ANTARA/HO/Humas Pemprov Sulsel

Makassar (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan siap membangun pusat pelayanan terpadu satu atap untuk para tenaga kerja Indonesia (TKI).

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sulsel Agustinus Appang mengatakan rencana pembanguan pusat pelayanan TKI ini juga sudah disepakati bersama saat pertemuan dengan para stakeholder di Parepare beberapa waktu lalu.

"Kenapa di Parepare, karena Parepare ini adalah hub keluar masuknya TKI ilegal, sehingga kita tingkatkan pelayanannya," kata Agustinus Appang dalam keterangannya, di Makassar, Rabu.

Berdasarkan peraturan, kata dia, Pemprov Sulsel memang sudah seharusnya membangun pelayanan terpadu satu atap.

Agustinus juga berharap, ada pengembangan sarana dan prasarana, termasuk dukungan anggaran yang cukup di tahun 2020 mendatang.

Kepala BP3TKI Sulsel Agus Bustami menambahkan, biaya operasional yang tinggi juga harus diperhitungkan. Apalagi, bukan hanya masyarakat umum yang dilayani, tetapi juga perusahaan.

Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menjelaskan harus dilakukan kajian komersial dan analisis operasional terlebih dahulu, termasuk menghitung biaya sewa dan dilakukan one stop shopping sistem, CSR BUMN dan swasta.

"Kami berharap agar semua itu sesuai dengan MoU yang ada," ujar Wagub Sulsel.

Pewarta : Abdul Kadir
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar