"Coastal clean up" ekowisata mangrove Muaragembong Bekasi

id Coastal Clean Up,Ekowisata Mangrove,Pantai Mekar,PT Pertamina,Kabupaten Bekasi

Petugas Pokdarwis Citra Alam Bahari mengumpulkan sampah di ekowisata mangrove Pantai Mekar pada Coastal Clean Up 2019 oleh PT Pertamina EP Tambun Field, Kamis (29-8-2019). ANTARA/Pradita Kurniawan Syah

Cikarang, Bekasi (ANTARA) - PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field melakukan coastal clean up atau bersih-bersih pesisir di kawasan ekowisata hutan bakau (mangrove) Desa Pantai Mekar, Kecamatan Muaragembong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Kamis (29/8).

Field Manager Pertamina Tambun Field Ceppy Agung mengatakan bahwa Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan dengan wilayah pesisir yang cukup luas dan memiliki potensi hutan mangrove yang cukup besar, salah satunya di Desa Pantai Mekar.

Desa Pantai Mekar merupakan salah satu desa yang memanfaatkan potensi tersebut menjadi destinasi wisata mangrove namun destinasi wisata yang dikembangkan pihaknya bersama Pokdarwis Citra Alam Bahari sejak 2017 itu kerap dibanjiri sampah.

"Permasalahan sampah tersebut dikarenakan lokasi Desa Pantai Mekar berada di muara Sungai Citarum sehingga banyak sekali sampah dari daerah lain yang terbawa gelombang laut dan berlabuh di Desa Pantai Mekar," kata Ceppy.

Selain itu, kebiasaan masyarakat membuang sampah langsung ke sungai secara sembarangan juga menjadi salah satu faktor penyebab permasalahan sampah di desa itu.

"Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lingkungan, perusahaan bekerja sama dengan Pokdarwis Citra Alam Bahari serta masyarakat sekitar melakukan coastal clean up ini," katanya.

Bertema "Menebar Cinta untuk Pesisir, kegiatan ini bertujuan untuk menebarkan rasa cinta kepada masyarakat dalam menjaga pesisir sehingga kesadaran dan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan pesisir, terutama mangrove, sebagai ekosistem pesisir dapat meningkat.

Ceppy berharap kegiatan ini dapat memberikan edukasi dan dampak positif terhadap masyarakat, terutama rasa peduli terhadap lingkungan Desa Pantai Mekar.

"Sebab lingkungan yang bersih dan sehat dapat menjadi daya tarik pengunjung yang akan berwisata ke lokasi ekowisata mangrove sehingga dapat menambah pendapatan masyarakat sekitar," ucapnya.

Ketua Pokdarwis Citra Alam Bahari Rusyanto menyampaikan terima kasih kepada PT Pertamina EP Asset 3 Tambun Field yang telah melaksanakan coastal clean up di Desa Pantai Mekar.

"Semoga kawasan ekowisata mangrove dan Desa Pantai Mekar jadi makin bersih dan dikenal oleh masyarakat luas," kata Rusyanto.

Selain Field Manager Tambun Field dan Pokdarwis Citra Alam Bahari, coastal clean up ini dihadiri pula oleh pejabat Dinas Pariwisata dan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bekasi, Camat Muaragembong, serta Perum Perhutani KPH Bogor.

Acara yang rutin diadakan sejak 2018 ini terdiri atas beberapa kegiatan, di antaranya aksi bersih pesisir, penanaman mangrove, lomba menggambar untuk siswa SD, dan lomba melukis tempat sampah tingkat SMP dan SMA.

Baca juga: PLN tanam 1.000 pohon mangrove di Banda Aceh
Baca juga: Dua Sekolah Pantai Indonesia di Riau fokus antisipasi abrasi
Baca juga: Kemenko Kemaritiman dan Pelindo I tanam mangrove

 

Pewarta : Pradita Kurniawan Syah
Editor: D.Dj. Kliwantoro
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar