Keberadaan industri tambang batu bara juga mampu meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat di sebuah daerah, serta ada penambahan atau pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.
Meulaboh (ANTARA) - Ketua Forum Diskusi Pertambangan Nasional 2019, Rahmad R Situmorang menegaskan bahwa industri pertambangan khususnya batu bara di Indonesia memiliki peran penting bagi negara khususnya sebagai sumber penerimaan negara.

"Seperti peningkatan pendapatan ekspor, kontribusi pembangunan daerah, dan sumber pemasukan anggaran pemerintah pusat maupun daerah," kata Rahmad R Situmorang saat menjadi narasumber Forum Diskusi Pertambangan Nasional bersama PT Mifa Bersaudara yang dipusatkan di Fakultas Teknologi Mineral Institut Teknologi Medan, Sumatera Utara, Rabu.

Tidak hanya itu, kata dia, keberadaan industri tambang batu bara juga mampu meningkatkan kegiatan ekonomi masyarakat di sebuah daerah, serta ada penambahan atau pembukaan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

Sebagai contoh, kata Rahmad, keberadaan PT Mifa Bersaudara yang selama ini melakukan kegiatan penambangan batu bara di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, yang mengukir sejumlah prestasi di tingkat nasional, baik dari segi pengelolaan tambang, penanganan lingkungan, serta pembangunan komunitas (community development), sehingga dapat menjadi contoh yang baik untuk industri pertambangan di Indonesia.

Baca juga: Menperin usul DMO batubara dicabut demi substitusi impor elpiji

"Dan kita berharap forum diskusi ini menjadi pembelajaran yang baik untuk para pelaku tambang di Indonesia," kata Rahmad.

Sementara itu, Wakil Kepala Teknik Tambang PT Mifa Bersaudara, Indra Basudewa didampingi CSR &Corporate Communication Senior Manager Azizon Nurza dalam pemaparannya menjelaskan bahwa penerapan praktik penambangan yang baik (good mining practice) merupakan salah satu modal investasi awal yang harus diterapkan oleh setiap industri pertambangan di Indonesia.

Menurutnya, kehadiran setiap industri pertambangan harus membawa dampak positif bagi lingkungan, sosial, hingga perekonomian di suatu
daerah.

"Tidak mudah untuk menjalankan investasi industri pertambangan di suatu daerah karena sangat dibutuhkan komitmen yang kuat dan kerja sama yang baik dari berbagai pihak agar industri ini dapat berjalan dengan baik," kata Indra.

Sementara itu, CSR & Corporate Communication Senior Manager PT Mifa Bersaudara, Azizon Nurza mengatakan peran industri pertambangan diharapkan dapat menunjang pembangunan berkelanjutan di Indonesia.

Kehadiran industri tambang, apabila dikelola dengan baik, hasil yang akan dicapai juga akan lebih baik khususnya dengan mempertimbangkan berbagai aspek yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, daerah, negara, dengan mengutamakan keselamatan lingkungan dan aspek lainnya di sekitar tambang, tuturnya.
Baca juga: Emisi panas bumi lebih ramah lingkungan ketimbang batu bara

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019