Jamaah kloter 14 Makassar pulang tak utuh, ada yang wafat dan sakit

id Jamaah Haji Kloter 14 Pulang Tidak Utuh,sulsel,musim haji 2019

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar dr Darmawan Handoko saat menyambut kepulangan jamaah haji Debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 di Makassar, Rabu (28/8/2918). (FOTO ANTARA/HO-PPIH Makassar)

Makassar (ANTARA) - Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Makassar dr Darmawan Handoko menyatakan jamaah haji Debarkasi Makassar, Sulawesi Selatan yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 14 pulang dengan jumlah tidak utuh, seperti saat pemberangkatan sebelumnya karena ada yang wafat dan juga masih dirawat di Arab Saudi karena sakit

"Pada pemberangkatan jamaah calon haji (calhaj) sebulan sebelumnya jumlah yang diangkut sebanyak 451 orang dan saat kembali ke Tanah Air berkurang menjadi sebanyak 448 jamaah," katanya di Makassar, Rabu

"Selamat datang kembali keTanah Air dan semoga menjadi haji yang mabrur dan tercermin dalam kehidupan sehari-hari," tambahnya mewakili PPIH Embarkasi Debarkasi Makassar.

Ia menjelaskan berdasarkan data yang diterima dari sistem informasi komputerisasi haji terpadu (Siskohat), pesawat Garuda Nomor Penerbangan GA1214 yang membawa jamaah haji ini hanya 448 karena satu orang penumpangnya meninggal dunia di Mekkah usai menjalankan ibadah hajinya serta dua lainnya mengalami gangguan kesehatan dan pindah kloter atau pesawat.

Satu orang jamaah haji yang meninggal di Tanah Suci pada 24 Agustus 2019 yakni, Luccy Rahma Sabar asal Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku.

Sedangkan satu orang lainnya Rapiah Naping Patang asal Kota Makassar saat ini masih menjalani perawatan di Rumah Sakit An Noer Mekkah, Arab Saudi serta satu orang yang tanazul atau pindah ke kloter 12 UPG, Abdurrahman Gafur Rumadaul dari Kabupaten Seram Bagian Timur, Provinsi Maluku.

Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Maluku Muh Yasir Rumadaul usai menerima daftar manifest jamaah haji kloter 14 yang baru tiba di Tanah Air juga mengucapkan selamat atas kedatangan para jamaah haji tersebut dan mengirimkan doa untuk jamaah yang meninggal dunia dalam menjalankan ibadah hajinya.

"Untuk jamaah haji yang meninggal dunia di jalan Allah SWT semoga dirahmati dan khusnul khatimah. Semoga semuanya menjadi haji mabrur dan bisa menjadi contoh baik di daerahnya atau sekitarnya," katanya.

Baca juga: Kepala KKP terima jamaah haji kloter 14 debarkasi Makassar

Baca juga: Jamaah haji Debarkasi Makassar yang meninggal dunia bertambah jadi 23

Baca juga: Jamaah haji kloter 10 asal Sulbar tiba di Makassar

Pewarta : Muh. Hasanuddin
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar