Washington, Amerika Serikat (ANTARA) - China, di tengah ketegangan hubungan dengan Amerika Serikat, menolak permintaan kapal perang Angkatan Laut AS untuk mengunjungi kota pelabuhan China, Qingdao, dalam beberapa hari terakhir ini, kata seorang pejabat pertahanan AS kepada Reuters, Selasa (27/8).
 
Penolakan China atas pemintaan AS tersebut setidaknya adalah untuk kali kedua bulan ini, setelah sebelumnya juga menolak permintaan dua kapal Angkatan Laut AS untuk mengunjungi Hong Kong ketika krisis politik di kota bekas jajahan Inggris itu semakin memburuk.

Pejabat pertahanan, yang berbicara dengan syarat tidak diungkapkan identitasnya, mengatakan kapal perusak itu seharusnya berkunjung pada Minggu, tetapi China menolak permintaan itu sebelumnya.

Kapal perang militer AS sudah beberapa kali melakukan kunjungan ke China, yang paling baru pada 2017, kata pejabat pertahanan itu. Terakhir kali kapal Angkatan Laut AS mengunjungi Qingdao adalah kapal perusak Benfold pada 2016.

Pejabat itu ingin mengajukan pertanyaan ke Beijing tentang mengapa permintaan mereka ditolak. Namun, Kementerian Pertahanan China belum menanggapi permintaan komentar.

Perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia itu telah merusak pertumbuhan global dan meningkatkan kekhawatiran pasar bahwa ekonomi dunia dapat berujung pada resesi.

Presiden AS Donald Trump pada Senin (26/8)  menyampaikan harapannya bahwa kesepakatan untuk menurunkan perang tarif bisa segera dicapai.

Sumber: Reuters

Baca juga: Perang dagang AS-China mendidih

Baca juga: Trump peringatkan China agar tidak menunda kesepakatan dagang

Baca juga: Sri Mulyani: Risiko Indonesia lebih kecil terdampak perang dagang

 

Lanal Banten kenalkan KRI Halasan 630 buatan dalam negeri

Pewarta: Atman Ahdiat
Editor: Tia Mutiasari
Copyright © ANTARA 2019