Manado (ANTARA) -
Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Sulawesi Utara Jemmy Lampus menyiapkan Pulau Lembeh, Kota Bitung, menjadi salah satu destinasi wisata kelas dunia.

"Lokasi Pulau Lembeh yang dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Likupang diharapkan akan menjadi destinasi wisata kelas dunia dan memberikan dampak yang besar dalam mendukung KEK Bitung," ujar Lampus di Manado, Jumat.

Lampus pada "Focus Group Discussion (FGD)" pembahasan konsep pengembangan transportasi Pulau Lembeh sebagai kawasan terpadu dalam mendukung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung mengatakan, sejauh ini pemerintah daerah sadar mengembangkan kawasan tersebut membutuhkan kerja keras.

"Perlu juga kerja sama semua pihak serta dukungan dari pemerintah pusat, terutama dalam pengembangan transportasi atau pembangunan akses dari dan menuju Pulau Lembeh," ujarnya.

Pemprov Sulut tengah berupaya mendorong sektor-sektor unggulan baru yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi wilayah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Sektor-sektor tersebut adalah infrastruktur dan pengembangan pariwisata sebagai salah satu daya dorong perekonomian daerah.

Karena itu, kata dia, Pulau Lembeh yang terletak di Kota Bitung memiliki posisi strategis dalam menunjang perkembangan sektor pariwisata di provinsi ujung utara Sulawesi itu.

"Pulau Lembeh dan sekitarnya terdapat banyak spot wisata khususnya wisata bahari yang potensial untuk dikembangkan," ujarnya.

Pada sisi lainnya, letaknya yang berhadapan langsung dengan Pelabuhan Internasional Bitung dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Bitung menjadi salah satu nilai tambah pengembangan industri pariwisata di pulau tersebut.***1***

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2019