Jakarta (ANTARA) - Menteri Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan memimpin apel Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di area PT Freeport Indonesia (PTFI), Papua, Sabtu.

Pelaksanaan apel upacara di perusahaan tambang terbesar di Indonesia ini merupakan yang pertama kalinya dipimpin seorang Menteri sejak perusahaan ini beroperasi di Indonesia tahun 1967 silam, berdasarkan informasi yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu.

Mengawali sambutannya, Menteri ESDM selaku inspektur upacara mengatakan bahwa kemerdekaan bukanlah sekedar anugerah dari Tuhan Yang Maha Kuasa, namun juga melalui perjuangan panjang yang diperoleh dengan tetesan darah dari para pahlawan bangsa. Para Pejuang kita telah mengorbankan segala daya dan upaya melalui harta benda, pikiran, bahkan nyawa demi merebut dan mempertahankan kemerdekaan bangsa.

"Buah dari perjuangan para pejuang tersebut dapat kita nikmati dan wajib kita pertahankan dan kita kembangkan sesuai dengan perkembangan zaman," ujar Jonan.

Baca juga: Ratusan pedagang Pasar Wates ikuti upacara HUT ke-74 Kemerdekaan RI

Baca juga: Tiga BUMN gelar upacara kemerdekaan di Mempawah

Baca juga: PDIP selenggarakan upacara peringatan HUT Ke-74 RI di Jakarta


HUT Ke-74 RI yang mengusung tema pengembangan sumber daya manusia, sesuai arahan Bapak Presiden wajib mengembangkan potensi anak bangsa agar dapat mengikuti perkembangan zaman dan globalisasi yang berubah dari waktu ke waktu. berkaitan dengan tersebut Menteri Jonan meminta agar PT FI tetap terus mengembangkan sumber daya manusia yang ada.

"Kepada PTFI agar bisa terus dapat mengembangkan anak bangsa dan berpartisipasi dalam operasi PT Freeport Indonesia baik di Tembagapura atau di lokasi yang lain," pinta Jonan.

Selanjutnya Jonan mengatakan bahwa kehadiran seorang pemimpin bangsa Indonesia untuk memimpin apel upacara di PT Freeport ini setelah hampir 50 tahun beroperasi di Indonesia merupakan sebuah kebanggaan. "Akhir tahun lalu, 51% saham PT Freeport Indonesia kembali ke Negara Indonesia. Saya mengucapkan terima kepada rekan-rekan yang bekerja disini, kepada PT Freeport Mc Moran dan rekan-rekan tenaga kerja asing yang telah membantu PT Freeport di Indonesia selama ini ," tutur Jonan.

Apel HUT Ke-74 RI PT FI dilaksanakan di Lapangan Sport Hal 68, Tembagapura, dihadiri Presiden Direktur PT FI, Toni Wenas dan jajaran pimpinan PT FI. Sekitar 950 orang yang terdiri dari karyawan Freeport, masyarakat dan komunitas setempat, sekolah-sekolah, TNI dan Polri juga hadir pada upacara ini.

Usai upacara, acara dilanjutkan dengan acara hiburan tari-tarian dan berbagai lomba. Yang tidak kalah menarik adalah penampilan para tenaga kerja asing PT FI yang bersama-sama menyanyikan lagi Padamu Negeri.

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019